free page hit counter
Opini

Hari Santri Nasional 2023

Santri adalah sebutan bagi pelajar yang menempuh pendidikan di pondok pesantren atau lembaga pendidikan Islam tradisional di Indonesia. Peringatan Hari Santri tahun 2023 ini jatuh pada Minggu, 22 Oktober 2023. Berkaitan dengan hal tersebut, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) telah merilis tema yaitu “Jihad Santri Jayakan Negeri”.
Islam mengajarkan toleransi, bukan kebencian; persaudaraan universal, bukan permusuhan; perdamaian dan bukan kekerasan. Santri yang hebat adalah santri yang menjunjung tinggi nilai toleransi.
Hari Santri Nasional diperingati dengan tujuan untuk menumbuhkan sikap moderat dan toleransi baik di kalangan santri, umat islam, hingga masyarakat umum karena bertepatan dengan peristiwa bersejarah bagi para santri yakni resolusi jihad yang diserukan oleh KH. Hasyim Asy’ari. Hari Santri Nasional pun jadi pengingat bahwa ulama dan santri punya peran besar dalam merebut kemerdekaan. Semangat perjuangan seharusnya terus menyala dan salah satu cara menjaga nyalanya adalah dengan membagikan postingan ini untuk Hari Santri Nasional 2023.

Kami Duta Damai Sulawesi Selatan mengucapkan selamat Hari Santri Nasional tahun 2023.

Yayan Riadi Nusman

Join The Discussion