free page hit counter
Opini

Hilal Sebentar Lagi Muncul, Sudah Sejauh Mana Persiapan Kamu?

Sahabat damai, Seluruh umat Muslim di dunia sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah. Pada hari raya ini, umat yang memiliki harta dianjurkan menyembelih hewan qurban, biasanya kambing, sapi, atau unta. 

Lebaran Idul Adha baru akan ditentukan setelah tanggal 1 Dzulhijjah 1443 H sudah bisa diketahui. Untuk menentukan kapan lebaran Idul Adha 1443 H Sebagaimana kita ketahui Pemerintah melalui Kementerian Agama bersama dengan beberapa ormas Islam akan melihat kemunculan Hilal sebelum masuk bulan lebaran yaitu zulhijjah.

Jika ternyata Hilal dapat terlihat maka 1 Dzulhijjah 1443 H akan ditentukan jatuh pada 30 Juni 2022 dan lebaran Idul Adha pada tanggal 9 Juli 2022. Namun jika ternyata Hilat tidak dapat terlihat hari ini maka Dzulqa’dah akan dibulatkan menjadi 30 hari sehingga awal bulan Dzulhijjah jatuh pada tanggal 1 Juli 2022 dan lebaran Idul Adha jatuh pada hari Ahad, 10 Juli

Sahabat damai, nyatanya berdasarkan pantauan hilal pada 29 Juni lalu, Kementerian Agama RI menetapkan 1 Zulhijjah 1443 Hijriah jatuh pada hari Jumat, 1 Juli 2022. Dengan begitu, maka 10 Zulhijjah atau Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah adalah Minggu, 10 Juli 2022.

Keputusan tersebut didasarkan hasil pemantauan hilal di 86 titik seluruh wilayah Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan rapat sidang isbat. Selanjutnya, penetapan tanggal Hari Raya Idul Adha tertuang dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Meskipun begitu ada perbedaan penentuan Hari Raya Idul Adha 1443 H antara pemerintah dan Muhammadiyah. Pemerintah menetapkan Idul Adha 1443 H jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. Sedangkan Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 1443 H jatuh pada Sabtu, 9 Juni 2022.

Perbedaan tanggal ini terjadi karena metodologi yang digunakan dalam menentukan awal bulan berbeda. Pemerintah menggunakan metode pengamatan hilal, sementara Muhammadiyah menggunakan metode hisab (ilmu hitungan). 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang merupakan lembaga milik Pemerintah Republik Indonesia dengan konsisten melakukan tugasnya untuk memberikan informasi tentang hilal.

BMKG selalu memberikan data informasi mengenai hilal setiap bulannya baik yang berdasarkan perhitungan hisab dan juga yang dengan cara rukyat (pantauan langsung) untuk mengetahui apakah hilal bisa terlihat atau tidak.

Sahabat damai esensi Hari Raya Idul Adha adalah diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Hari Raya Idul Adha disebut dengan istilah Idul Qurban karena perayaan tersebut menjadi momentum bagi setiap umat Muslim untuk berbagi pada sesama melalui hewan qurban yang disembelih. Kewajiban menyembelih hewan kurban (kambing, domba, sapi, kerbau maupun domba) saat Idul Adha bertujuan untuk berbagi kebahagiaan dengan mereka yang kurang mampu agar dapat merayakan Idul Adha bersama.

Jika sebelumnya kita memberikan daging hasil qurban secara langsung kepada mereka yang kurang mampu. Menyambut hari kemenangan alangkah baiknya kita membersihkan diri sendiri. Bukan hanya hati, rumah juga perlu dibersihkan.

Sahabat damai, biasanya lebaran idul adha banyak orang lupa akan mengontrol dirinya tentang asupan makanan yang masuk sehingga bisa menyebabkan kolestrol dan darah tinggi, olehnya agar kita tidak terhindar dari masalah kesehatan saat mengkonsumsi terlalu banyak daging ketika Idul Adha, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menyiapkan buah dan sayur sebagai persiapan menyambut lebaran.

Dengan begitu, seharusnya mengimbanginya dengan mengonsumsi buah dan sayur setelah makan daging. Jagung, wortel, buncis, tomat, mentimun, hingga kemangi bisa menjadi pilihan sebagai pendamping menu masakan daging di rumah.

Selain itu kita juga dapat mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, pepaya, melon, dan semangka untuk mengimbangi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh agar kadar kolesterol dalam tubuh tidak naik.

Merayakan Hari Raya Idul Adha di rumah saja tidak boleh menghalangi diri untuk berpenampilan menarik di hari yang spesial ini. Kita boleh kok mempersiapkan baju dan aksesori lebaran.

Yang paling penting juga nih sahabat damai, kita nggak harus beli baju lebaran baru dan memaksakan harus berkurban sebab berbagi tidak perlu memaksakan harus berkurban namun mari lakukan  kebaikan dengan cara yang lain. Selamat hari lebaran kurban yah semua.

Ryn Manist

Dikutip berbagai Sumber

Join The Discussion