free page hit counter
Opini

Amalan-Amalan Malam Nisfu Syaban

Malam Nisfu Syaban merupakan salah malam yang istimewa bagi umat Islam. Nisfu Syaban  diperingati pada setiap tanggal 15 bulan Syaban perhitungan kalender Hijriyah. Malam Nisfu Syaban adalah malam penuh barokah bagi umat Islam. Malam diampuni dosa-dosa umat manusia. Malam permohonan ampun.Alam  pelaporan amal tahunan dan pemberian rezeki. Jadi Bagaimana Sobat? Kamu salah satu penunggu malam nisfu Shaban?

Tahun 2022 perhitungan Masehi Nisfu Syaban jatuh pada, Jumat 18 Maret 2022. Lalu mengapa, Nisfu Sya’ban menjadi istimewa Bagi umat Islam? Jawaban pada anjuran yang diriwayatkan oleh Ali Bin Abu Thalib, Baginda Nabiullah Muhammad Sallahualai Wassalam bersabda:

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا نَهَارَهَا فَإِنَّ اللَّهَ يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا فَيَقُولُ أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ لِي فَأَغْفِرَ لَهُ أَلَا مُسْتَرْزِقٌ فَأَرْزُقَهُ أَلَا مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهُ أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ

Dari [Ali bin Abu Thalib] ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila malam nisfu Sya’ban (pertengahan bulan Sya’ban), maka shalatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Sesungguhnya Allah turun ke langit bumi pada saat itu ketika matahari terbenam, kemudian Dia berfirman: “Adakah orang yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku akan mengampuninya? Adakah orang yang meminta rezeki maka Aku akan memberinya rezeki? Adakah orang yang mendapat cobaan maka Aku akan menyembuhkannya? Adakah yang begini, dan adakah yang begini…hingga terbit fajar. “

Berdasarkan hadis tersebut, Nisfu Sya’ban sungguh memiliki keutamaan yang luar biasa. Maka tentu para umat muslim akan sangat merugi, jika menyia-nyiakan kesempatan memperoleh pengampunan dan pintu rejeki. Umat muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa dan memperbanyak dua kalimat syahadat.

Dilansir dari NU Online, terdapat tiga amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada malam nisfu syaban. Amalan-amalan apa saja itu? Apakah sobat damai tahu? Nah, berikut amalan-amalan malam nisfu syaban:

Pertama, Perbanyak Doa

Sebagaimana yang dijelaskan sebekumnya dalam hadist riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad Sallahu Alahi Wassalam (SAW) bersabda,

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya:

“(Rahmat) Allah swt turun ke bumi pada malam Nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan).” (HR al-Baihaqi).

Pengampunan. Itulah poin utama dari hadis tersebut. Manusia akan mendapatkan pengampunan dari Allah Subhannallah Wataala (SWT). Perbanyak doa dan sungguh-sungguhlah bermunajat agar dimaafkan oleh Allah Subhanahu Wataala (SWT). Gimana, Sobat Damai Bestiku semua gimana? Apa poin pertama ini sudah diamalkan?

Kedua, setelah memohonkan pengampunan dan  memperbanyak Istighfar. Selanjutnya sobat damai ku semua diminta untuk  memperrbanyak Membaca dua kalimat Syahadat. Pada, dua kalimat syahadat menjadi kalimat mulia dan sangat baik dibaca. Apalagi pada malam nisfu syaban. Sebagaimana Sayyid Muhammad bin Alawi dalam kitab Ithmi’nânul Qulûb Bidzikri ‘Allâmil Ghuyûb mengatakan,

“Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya.”

Gimana dengan bagian ini Sobat Damai, Bestiku semua. Apa sudah diamalkan? Ingat loh ya, momentum ini itu tahunan. Bulan depan tidak ditemukan lagi. Apa Iyya harus menuggu setahun lagi. Menunggu itu berat Sobat 🙁

Ketiga. Umat manusia dianjurkan untuk  Perbanyak Istighfar

Tidak ada satu pun manusia yang bersih dari dosa dan salah selama menjalani kehidupannya. Meski diselimuti dosa, Allah SWT senantiasa membuka pintu ampunan kepada siapa pun. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memperbanyak meminta ampunan atau beristigfar khususnya di malam nisfu syaban.

Sayyid Muhammad bin Alawi dalam Ithmi’nânul Qulûb memaparkan

: “Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.”

Nah, Gimana sahabat damaiku, para Bestiku semua. Momentum Nisfu Sya’ban  ini sangat tepatlah untuk mereka yang mau bertobat dengan sungguh-sungguh. Jangan tunggu bulan depan, momen ini tidak siap bulan. Masa kamu harus nunggu setahun. Nisfu Sya’ban adanya sekali dalam setahun depan. Maka Sahabat Damaiku jangan ketinggalan ya 🙂

Join The Discussion