Uncategorized

Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi, Menikmati Seluruh Fungsi Utamanya

Pandemi Covid-19 telah merubah tatanan kehidupan manusia. Termasuk pembatasan kegiatan masyarakat di lingkungan sosial. Update terbaru, pemerintah pun mewajibkan masyarakat untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi sebagai pedoman dalam berkegiatan di luar rumah.

Pemerintah secara menyeluruh menyatakan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di masa transisi pandemi ke endemi merupakan pilihan terbaik. Selain memang beredar rumor, bahwa masyarakat akan hidup berdampingan dengan virus dalam waktu lama. Maka, masyarakat membutuhkan sebuah teknologi yang dapat membantu serta mempermudah pengawasan aktivitas diluar rumah.

Partisipasi masyarakat sebagai pengguna sangat penting bagi perkembangan aplikasi ini. Catatan aktivitas dan data lokasi pengguna, dapat dijadikan informasi terkini bagi masyarakat yang berada di lokasi yang sama. Fungsi ini, tentu saja terkait dengan tujuan pemerintah sebagai pihak pengawas dan pelacak perkembangan penyebaran virus Covid-19.

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Saat ini, PeduliLindungi telah tersedia untuk perangkat Android maupun iOS. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Berikut cara untuk

  1. Buka aplikasi Play Store, kemudian pada kotak search ketikkan “PeduliLindungi”
  2. Klik tombol download, setelah proses pengunduhan selesai buka aplikasi
  3. Selanjutnya, klik ikon tanda panah yang telihat pada layar hingga informasi terkait aplikasi PeduliLindungi selesai dimunculkan
  4. Selanjutnya, klik “Mulai” untuk memulai menggunakan aplikasi
  5. Pada tahap selanjutnya akan muncul jendela terbaru, sebelum mulai mendaftar dan menggunakan aplikasi, sebaiknya terlebih dahulu Anda membaca Syarat Penggunaan dan Kebijakan Privasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan menambah informasi penggunaan aplikasi
  6. Ketuk “Saya Setuju” untuk menyetujui syarat penggunaan dan kebijakan privasi dari aplikasi
  7. Masukkan e-mail apabila Anda sudah mendaftar melalui e-mail
  8. Jika belum, klik “Daftar” kemudian isi nama lengkap serta alamat e-mail. Lalu, centang persetujuan syarat penggunaan dan kebijakan privasi.
  9. Selanjutnya, klik “Daftar”
  10. Anda juga dapat mendaftar dengan menggunakan nomor telepon dengan cara memilih tab “Nomor Telepon” pada menu daftar, isikan data lengkap yang diminta
  11. Selanjutnya, akan ada verifikasi yang diterima melalui e-mail atau ponsel yang didaftarkan
  12. Jika sudah melakukan verifikasi, kembali masuk ke aplikasi PeduliLindungi, kemudian login dengan e-mail atau nomor telepon yang digunakan
  13. Jika sudah, verifikasi klik “Selanjutnya” pada informasi terkait penggunaan lokasi
  14. Selanjutnya, akan muncul rincian informasi terkait penggunaan lokasi. Geser ke bawah dan pilih “Mengerti”
  15. Izinkan PeduliLindungi untuk mengakses lokasi perangkat
  16. Setelah itu, klik “Selanjutnya” untuk melihat rincian informasi terkait akses foto, media dan berkas. Klik “Mengerti”
  17. Ketuk “Selanjutnya” untuk melihat rincian informasi terkait akses kamera. Geser ke bawah kemudian klik “Mengerti”
  18. Izinkan aplikasi PeduliLindungi untuk mengambil gambar dan merekam video
  19. Selanjutnya, Anda akan masuk ke dalam aplikasi PeduliLindungi dan dapat mulai menggunakan.

Per 5 September 2021, aplikasi PeduliLindungi telah diunduh lebih dari 10juta kali di Play Store> Pembaharuan terakhir yang dilakukan pada tanggal 1 September 2021.

Menu Layanan dan Fungsi Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi ini merupakan hasil pengembangan yang dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan Kementerian Kominfo. PeduliLindungi hadir sebagai langkap cakap pemerintah membantu mobilitas masyarakat, serta melindungi dan mengawasi penyebaran virus Covid-19 secara digital.

Terdapat sejumlah menu yang dapat digunakan oleh pengguna aplikasi PeduliLindungi. Berikut layanan menu yang dimiliki oleh PeduliLindungi :

  1. Pendaftaran Vaksin, merupakan layanan yang digunakan sebagai langkah awal pendaftaran vaksinasi
  2. Scan QR Code, digunakan sebagai layanan akses kamera untui memindai barcode di tempat-tempat umum yang mewajibkan scan barcode
  3. Teledokter, sebuah layanan yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk konsultasi secara langsung dengan dokter
  4. Diary Perjalanan, layanan yang terhubung dengan GPS yang akan mencatat data perjalanan dan melihat zona risiko di sekitar lokasi pengguna
  5. Paspor Digital, merupakan menu yang menyediakan layanan akses sertifikat vaksin yang diperoleh setelah melakukan vaksinasi

Fungsi AplikasiLindungi sekarang ini digunakan sebagai syarat wajib saat bepergian dengan transportasi umum maupun pribadi. Berikut beberapa fungsi lain dari aplikasi PeduliLindungi :

  1. Akses Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Fungsi yang paling populer ialah sebagai akses untuk menunjukkan sertifikat vaksinasi yang digunakan sebagai syarat perjlanan antar kota dan jarak jauh selama PPKM dan juga sebagai syarat masuk ke beberapa lokasi atau tempat publik.

  • Pelacakan Penyebaran Covid-19

Seperti yang telah dijabarkan diatas, aplikasi PeduliLindungi sejatinya berfungsu sebagai teknologi yang membantu pemerintah dan instansi lainnya untuk melacak penyebaran Covid-19 di suatu wilayah atau secara keseluruhan. Pelacakan dilakukan dengan melibatkan banyak sektor dan juga pengguna dari kalangan masyarakat.

  • Memberi Informasi Zonasi dan Notifikasi adanya Keramaian

PeduliLindungi memberikan informasi kepada masyarakat terkait area zonasi penyebaran Covid-19. Fungsi ini dibantu dengan menunjukkan warna merah, kuning atau hijau pada lokasi yang dipilih. Pengguna juga akan mendapat notifikasi jika sedang berada pada keramaian atau update infromasi aplikasi yang mendata jumlah pengguna aplikasi terdekat.

  • Pemeriksaan Kesehatan

Berfungsi sebagai sarana untuk mendapatkan akses layanan kesehatan terdekat. Pengguna dapat memanfaatkan layanan Teledokter apabila membutuhkan bantuan dari tenaga medis. Misalnya pengguna ingin konsultasi kesehatan atau memerlukan panduan pemeriksaan kesehatan mandiri.

  • Syarat Masuk Mall

PeduliLindungi digunakan sebagai syarat wajib masuk area perbelanjaan atau mall. Terutama pada masa PPKM seperti sekarang, pengunjung diharuskan memiliki aplikasi PeduliLindungi. Kemudian, melakukan scan barcode yang telah disediakan oleh petugas mall.

  • Syarat Bepergian

Mulai Sabtu (28/08/21), aplikasi PeduliLindungi dijadikan sebagai syarat wajib dalam melakukan perjalanan atau bepergian dengan moda transportasi apapun. Itulah cara menggunakan dan layanan tersedia serta fungsi dari aplikasi PeduliLindungi yang bermanfaat bagi penggunanya. Melalui penggunaan aplikasi ini, diharapkan dapat membantu mobilitas masyarakat selama pandemi dan pembiasaan kehidupan yang baru. *fyn

Join The Discussion