free page hit counter
Uncategorized

Generasi Muda Berani Bicara? Why Not?

Generasi Muda Berani Bicara? Why Not?

RAKORNAS Duta Damai dan Duta Damai Santri dengan tema Harmoni Multikultural: Mendorong Toleransi dan Penghargaan Terhadap Keanekaragaman. RAKORNAS ini dihadiri sebanyak 105 orang Duta Damai, yang mewakili 18 provinsi di Indonesia.

Salah satu rangkaian kegiatan hari ketiga RAKORNAS Duta Damai adalah materi penulisan dan public speaking yang di mentori langsung oleh Marvin Sulistio, seorang Digital Content Creator dan News Anchor. Selama materi berlangsung, Marvin menyampaikan  bagaimana menjadi public speaker yang baik terutama di sosial media. Seperti yang kita ketahui, public speaking adalah kemampuan berbicara di depan umum dan salah satu metode untuk komunikasi satu sama lain, yang kemudian menjadi salah satu kemampuan yang dibutuhkan di era saat ini.

Kepercayaan diri merupakan hal yang paling dibutuhkan dalam meningkatkan kemampuan public speaking.Namun, banyak diantara anak muda masih sulit membangun self-confidence didepan publik sehingga tidak jarang memunculkan ekspresi sikap dan bahasa tubuh yang tidak elok dilihat audiens. Menurutnya, dalam menyampaikan pesan atau informasi ditentukan oleh posisi tubuh, antusias publik speaker, ekspresi, serta artikulasi sehingga perlu membangun self-confidence yang baik yaitu berpikir positif, yakin dengan kemampuan diri dan sering berlatih.

Tips lain yang disampaikan oleh Marvin selaku pemateri agar tidak gugup saat berbicara didepan umum, meliputi:

  1. Persiapan yang matang. Ini penting dilakukan sebelum tampil, mulai dari melakukan riset terlebih dahulu, memahami target audiens dan mempelajari materi hingga matang.
  2. Jika salah berucap atau ada hambatan teknis, yakinlah semua bisa di koreksi.
  3. Kurangi ketegangan fisik/rileks. Rasa rileks bisa didapatkan dengan melakukan peregangan tubuh. Seperti mengatur pernapasan dan melemaskan otot tubuh.
  4. Minum air dengan cukup. Ini akan menenangkan sistem saraf pusat sehingga tubuh akan merasa rileks dan rasa cemas akan berkurang.
  5. Atur pola pernapasan, yang akan membantu kamu untuk lebih fokus dan tenang dalam menyampaikan informater atau materi yang sudah kamu siapkan.

Di akhir materi Marvin menyampaikan, “Semua ada waktu untuk kita meskipun gagal lagi dan lagi namun itu bagian dari proses untuk bertumbuh.”

Penulis : Alfira Yuniar

Sumber:https://www.detik.com/jatim/berita/d-6421084/5-tips-atasi-grogi-untuk-tampil-maksimal.

Join The Discussion