free page hit counter
Uncategorized

Hari Pohon Sedunia 21 November 2023: “Sejarah dan Cara Memperingati”

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tumbuhan memiliki peran penting bagi setiap makhluk hidup. Salah satu manfaat pohon bagi manusia adalah untuk menghasilkan oksigen. Sehingga, tanaman selalu dibutuhkan dalam setiap aspek kehidupan manusia ataupun hewan di bumi kita ini. Sejak dulu kita telah dikenalkan dengan sistem reboisasi, yang berguna untuk menjaga kelestarian tanaman dan pohon. Namun, saat ini ada banyak hutan kehilangan pohon akibat penebangan liar yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, kita dapat mulai menerapkan sistem reboisasi, yaitu menanam kembali hutan-hutan yang telah gundul. Cara ini memang menjadi solusi terbaik untuk menjaga agar rantai ekosistem planet tercinta ini, tidak terputus.

Hari Pohon Sedunia adalah hari penting sedunia untuk memperingati pohon yang memiliki berbagai peran dan manfaat penting bagi kehidupan. Kapan Hari Pohon Sedunia diperingati adalah pada tanggal 21 November setiap tahunnya.

Sejarah Hari Pohon Sedunia dicetuskan oleh Julius Sterling Morton, seorang pencinta alam dari Amerika Serikat. Dia amat gigih dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon.

Pada tahun 1854, Julius Sterling Morton dan istrinya, Caroline Joy French, pindah dari Michigan ke Nebraska yang baru terbentuk, yaitu wilayah tanpa pepohonan. Dengan kondisi tersebut, dia berusaha mendorong warga untuk menanam pohon untuk melestarikan lingkungan, dan memperindah wilayah pemukiman tempatnya tinggal.

Kemudian pada tanggal 10 April 1872, Julius Sterling Morton mengusulkan untuk menyisihkan satu hari untuk menanam pohon. Selanjutnya disepakatilah penetapan Hari Pohon Sedunia yang diperingati setiap 21 November.

Perayaan Hari Pohon Sedunia pertama kali diselenggarakan di Spanyol. Pada saat memperingatinya, banyak pihak melakukan gerakan penanaman pohon. Dunia menyebutnya sebagai Arbor Day. Arbor diambil dari bahasa latin yang berarti pohon.

Tujuan diperingati Hari Pohon Sedunia 12 November adalah untuk mengingatkan kesadaran manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup lainnya. Keberadaan pohon untuk memerangi pemanasan global, mencegah banjir, tanah longsor, tempat hidup fauna (burung) dan membuat iklim mikro yang baik

Pohon memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan makhluk hidup termasuk manusia dan lingkungan. Berikut ini beberapa manfaat pohon bagi manusia dan lingkungan antara lain :

  • Pohon memproduksi oksigen untuk kita hidup
  • Pohon mampu membantu membersihkan udara
  • Pohon juga mampu membersihkan air minum kita
  • Pohon mampu menyejukkan suhu dan udara
  • Pohon membantu mengurangi dampak perubahan iklim
  • Pohon dapat membantu menghemat energi
  • Pohon memiliki banyak manfaat bagi satwa lain
  • Pohon membantu mencegah bencana banjir.

Join The Discussion