free page hit counter
Opini

Selamat Hari Sumpah Pemuda 23 Oktober 2023

Tema Hari Sumpah Pemuda 2023 ini menjadi acuan bagi elemen masyarakat untuk turut merayakannya. Lantas apa tema yang diusung dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023? Apa makna di baliknya ?

Dilansir dari buku Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia, tema Hari Sumpah Pemuda yang diusung tahun ini ialah ‘Bersama Majukan Indonesia’. Dari tema ini terdapat tiga makna yang terkandung di dalamnya. Di antaranya ialah :

  • Membangun Semangat Kolaborasi dari semua elemen Bangsa dalam Memajukan Indonesia.
  • Memantapkan kerja bersama dalam satu orkestrasi gerak
    langkah melalui rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke95 Tahun 2023 sehingga tercipta Pemuda Maju.
  • Meraih Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) melalui kerjasama lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

Indonesia hari ini memperingati peristiwa bersejarah yang terjadi 95 tahun lalu. Putra-putri Indonesia, dalam Kongres Pemuda II yang berlangsung 27-28 Oktober 1928, membacakan ikrar; mengaku bertumpah darah dan berbangsa yang satu, bangsa Indonesia; serta menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Oktober merupakan bulannya pemuda, khususnya pada 28 Oktober 2023 yang merupakan momen sumpah pemuda. Sumpah pemuda diperingati untuk mengenang perjuangan seluruh elemen pemuda di masa lalu yang telah berhasil memberikan masa depan yang lebih baik untuk hari ini. Peristiwa bersejarah yang menjadi momentum kebangkitan persatuan dan kesatuan bangsa ini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Untuk itu di hari Sumpah Pemuda ini, kami Duta Damai BNPT RI regional Sulawesi Selatan mengajak pemuda pemudi untuk membagun negeri dan menjaga persatuan bangsa bersama-sama. 

“Di hari Sumpah Pemuda ini kami mengajak pemuda pemudi untuk menguatkan tekad dan semangat untuk membangun negeri, jaga persatuan, persaudaraan, dan kerukunan sesama dengan berpegang teguh pada Pancasila dan ajaran agama”.

pemuda adalah tulang punggung bangsa. Sejarah mencatat, tidak ada perubahan besar untuk kemajuan bangsa, di Indonesia maupun dunia, tanpa peran dan sumbangsih pemuda. Pemuda selalu menjadi motor penggerak pembangunan yang konsisten mengamalkan nilai-nilai luhur bangsa, dari pemuda untuk Indonesia maju.

Yayan Riadi Nusman

Join The Discussion