free page hit counter
Opini

Bulan Merdeka

Bulan Agustus merupakan bulan kemerdekaan, berbagai kegiatan di berbagai daerah dilakukan untuk menyemarakkan bulan kemerdekaan, mulai dari berbagai lomba-lomba tingkat daerah, provinsi hingga nasional. Akan ada banyak kegiatan-kegiatan yang unik yang dilakukan setiap daerah yang menjadi ciri khas masing-masing dalam menyambut bulan kemerdekaan. Semua orang di seluruh penjuru negeri turut merasa senang. Bahkan di bulan kemerdekaan kita akan menemukan profesi khusus di bulan Agustus, yakni seperti penjual umbul-umbul dan bendera merah putih yang menghiasi jalan, 

Setiap tempat mulai dari kota-kota besar hingga di daerah-daerah terpencil semua turut merasakan kemeriahanya. Berbagai kegiatan dan perlombaanpun turut meramaikan bulan ini. Mulai dari lomba yang sering kita temui hingga lomba yang mungkin kita tidak pernah lihat sebelumnya. Mulai dari lomba anak-anak hingga dewasa. Lomba yang paling sering kita jumpai dan paling dinantikan adalah lomba gerak jalan santai untuk segala usia. 

Mungkin  kedengarannya hanya lomba gerak jalan yang sederhana namun, yang membuat menarik lomba ini adalah peserta dan aksesoris yang digunakan, serta yel-yel yang khas yang senantiasa di ucapkan ketika telah di beri aba-aba oleh pemimpin regu. Hal ini menjadi hiburan tersendiri oleh penonton hingga gelak tawa. Dan dengan bantuan tekhnologi sekarang ini kita mampu mengabadikan moment tersebut sebagai kenangan dan dapat pula kita unggah dan sebarkan ke media sosial. Yang akhirnya video tersebut bisa kita nikmati tanpa berada dilokasi tersebut pada hari kejadian. 

Tentu ini sangat membantu kita dalam menyebarkan informasi atau peristiwa -peristiwa yang menurut kita special. Namun apa jadinya jika kelebihan tersebut dapat membahayakan orang lain. Misalnya menyebarkan informasi yang tidak utuh, berita bohong (hoax) dan cenderung mengadu domba. Maka efeknya juga akan sama namun bernilai negatif dan sangat berbahaya. 

Bahaya yang ditimbulkan apabila kita menyebarkan informasi yang tidak utuh sehingga informasi tersebut terlihat melecehkan orang lain dan merendahkannya. Maka orang tadi akan merasa malu dan dirugikan bisa jadi dampak terbesarnya orang tersebut kan depresi, atau yang semulanya aktif akan terlihat murung sendirian ,mengakibatkan penyakit mental hingga kematian. Itulah mengapa kita senantiasa diajak dalam bijak menggunakan sosial media. 

Bisa jadi niat awal kita hanya buat koleksi pribadi namun, kita tidak tahu niat seseorang yang ada di sekitar kita yang mungkin sengaja mengambil gambar atau video yang kita upload dan mengeditnya sedemikian rupa dan memberikan narasi negative kemudian menyebarkanya. Selain berhati-hati dalam mengupload/menggunggah hal-hal yang spesial menurut kita, kita juga dihimbau untuk bijak dalam menanggapi berita-berita atau informasi yang orang lain kirimkan, upload atau unggah, mengapa ?, agar kita tidak mudah terkena hasutan dan termakan berita bohong. Ada baiknya kita mengecek kebenaran informasi tersebut sesuia anjuran yang telah ditetapkan.

Misalnya, mengecek website atau situs serta kualitas artikel yang menggelarkan berita tersebut. Jika artikel terlihat seperti ditulis dengan sembarangan, penuh salah ketik, tidak terstruktur, dan mayoritas berisi opini tanpa dasar, kemungkinan besar isi informasi tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan. Jika informasi tersebut memiliki gambar kita bisa menggunakan google image untuk mengecek kebenaran gambar dan asal gambar serta informasi lainya mengenai gambar. Terakhir adalah mengecek kebenaran fakta dari artikel. Hoax biasanya akan mengandung kata yang terkesan dilebih-lebihkan sehingga, dapat menimbulkan kesalah pahaman. Apalagi moment seperti ini akan ada banyak orang akan memanfaatkan kesempatan untuk mengambil keuntungan sendiri dari berita yang tidak benar dan merugikan orang banyak.  

M. Ichwan Chaidir

Join The Discussion