free page hit counter
Opini

Perencanaan Keuangan (Financial Plan)

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita tak bisa lepas dari transaksi keuangan kerena mempunyai peran yang sangat penting. Tanpa manajemen keuangan yang baik bagaikan hidup tanpa tujuan. Yang termasuk dalam tujuan hidup seseorang antara lain: menyiapkan dana untuk memiliki rumah, beribadah umroh, membeli mobil pribadi, menyiapkan dana di hari tua bersama pasangan, dan lainnya. Tujuan tersebut dapat dicapai melalui pengelolaan keuangan secara terintegrasi dan terencana. Nah bagaimana sih membuat perencanaan keuangan?yuk sobat damai simak tips-tips dari kami!

  1. Menyusun tujuan-tujuan yang ingin dicapai, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek, seperti :
  • Memiliki mobil pribadi 3 tahun ke depan,
  • Ingin memiliki rumah sendiri pada 10 tahun ke depan,
  • Menunaikan ibadah haji 15 tahun ke depan.
  • Menyusun perencanaan keuangan dan alternatif 

2. Buatlah rencana alternatif keuangan yang ingin dicapai dengan spesifik, seperti:

  • Menabung sebesar Rp. 3.000.000 /bulan untuk membeli mobil selama 3 tahun
  • Menabung sebesar Rp. 2.000.000/bulan untuk dana naik haji selama 15 tahun
  • Menabung sebesar Rp. 1.000.000 juta/bulan untuk pembelian rumah selama 10 tahun

3. Jalankan rencana keuangan dengan disiplin Jalankan dengan disiplin rencana keuangan yang telah disusun dengan baik agar tercapai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

4. Lakukan review dan menyempurnakan rencana keuangan untuk menyesuaikan kondisi keuangan terkini

Kondisi keuangan tentunya akan berubah seiring berjalannya waktu, baik itu penghasilan bertambah atau pengeluaran bertambah karena adanya biaya yang harus dikeluarkan secara tiba-tiba. Maka dari itu, kita harus sesuaikan dengan rencana keuangan terkini dan melakukan review Kembali.

Nah sobat damai, itulah penjelasan terkait perencanaan keuangan dari kami. Ayo mulai dari sekarang buat rencana keuangan kamu dengan rapih dan jangan lupa buatkan checklist untuk hal-hal yang sudah tercapai biar lebih semangat! (FRA)

Join The Discussion