free page hit counter
Opini

Safari Politik Lebaran

Hari lebaran telah berlalu, namun semangat halal bihalal setelah libur yang panjang masih ramai dilakukan dan seakan menjadi tradisi lintas sektoral masyarakat Indonesia. Pertemuan halal bihalal sebagai ajang silahturahmi setelah 1 bulan ramadhan menjadi ajang tersendiri bagi para pelaku politik yang disebut dengan safari politik lebaran.

Sahabat damai, apa itu safari politik lebaran? Kita bahas yuk!

Kegiatan safari merupakan kegiatan perjalanan atau pertualangan jarak jauh dalam suatu kegiatan ekspedisi tertentu. Olehnya safari politik lebaran adalah kegiatan silahturahmi bertakjuk halal bihalal yang dilakukan setelah perayaan hari lebaran, dijadikan sebagai momentum besar yang sangat potensial menggalang dukungan, baik popularitas dan elektabilitas para pelaku politik untuk mendapatkan dukungan pada saat pesta rakyat yang akan datang.

Maraknya kegiatan safari politik lebaran yang sejak tanggal 2 mei berlangsung hingga hari ini apakah akan berhasil menaikkan elektabilitas para pelaku politik atau malah hanya menjadi ajang memperkenalkan diri sebagai para kandidat pesta politik yang akan datang?

Sahabat damai, kita sebagai masyarakat Indonesia yang patuh, pasti menginginkan pesta politik berlangsung dengan aman, damai dan jujur. Sehingga adanya safari politik lebaran ini diharapkan menjadi ajang silahturahmi yang tanpa pencitraan, melainkan kesungguhan hati dan kemurniaan jiwa dalam bertemu sapa, saling berbincang bersama masyarakat Indonesia sebagai bagian dari kerja tugasnya..

Apapun tujuan mereka dengan mengadakan safari politik pasca lebaran, semoga memberikan nilai yang positif, khususnya pada pandangan masyarakat tentang dunia politik yang lebih baik. Kegiatan tersebut nyatanya anjuran orang nomor 1 dan 2 di Indonesia yaitu Jokowi dan Ma’aruf amin dan wakilnya

“Berkaitan dengan tahapan Pemilu 2024 yang sudah akan dimulai pertengahan tahun ini, saya juga minta menteri kepala lembaga agar fokus betul-betul bekerja di tugasnya masing-masing” kata Jokowi. (di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/5/2022).

Jokowi meminta para menteri memastikan agenda-agenda strategis nasional terselenggara dengan baik. Ini supaya Pemilu 2024 dapat terselenggara dengan lancar tanpa ada gangguan dan hambatan. “Agar agenda-agenda strategis nasional yang menjadi prioritas kita bersama betul-betul bisa kita pastikan terselenggara dengan baik, pemilu terselenggara dengan baik, lancar, dan tanpa gangguan” kata presiden.

Safari politik yang dilakukan oleh para pelaku politik yang diusung dari partainya masing-masing semoga menjadi awal yang baik dalam menata kemmbali  formulasi dan implementasi kebijakan publik yang akan mengatur masyarakat.

Sebab partai politik  merupakan pengorganisasian warga negara yang menjadi anggotanya untuk bersama-sama memperjuangkan dan mewujudkan negara dan masyarakat yang dicita-citakan. Karena itu, partai politik merupakan media atau sarana partisipasi warga negara dalam penentuan siapa yang menjadi penyelenggara negara pada berbagai lembaga negara di pusat dan daerah.

Partai politik membentuk pemerintahan atau menjadi kekuatan oposisi di parlemen. Mereka bisa juga menempati eselon-eselon tinggi dalam birokrasi. Maka disinilah partai politik memainkan peranan krusial dalam pengambilan keputusan implementasinya. Pada titik inilah partai politik menjadi garda terdepan dalam demokrasi, ia harus dapat tampil sebagai kekuatan perekat kesenjangan politik yang ada pada relasi negara dan rakyat.

Sahabat damai dimanapun berada, kita berharap agar  orientasi politik tetap fokus dalam mengatur tata hidup bersama dengan mengatur  dan memikirkan bagaimana membangun NKRI sebaik mungkin dan masyarakatnya hidup sejahtera dan madani.

Ryn Manist

Referensi : Berbagai Sumber

Join The Discussion