Opini

Manfaat Toleransi dalam Kehidupan Bermasyarakat di Tahun Toleransi 2022

Toleransi berasal dari bahasa Latin, yaitu tolerantiay yang memiliki arti kelonggaran, kelembutan hati, keringanan dan kesabaran. Secara umum, Toleransi mengacu pada sikap terbuka, lapang dada, sukarela dan kelembutan. Toleransi merupakan sebuah elemen penting demi perdamaian dan persatuan bagi suatu bangsa.

Toleransi dinilai dapat menghadirkan suatu sikap yang membuat masyarakat dapat menghargai serta saling memahami satu sama lain.  Hadirnya sikap seperti ini, menandakan bahwasannya masyarakat telah menjadi manusia yang terbuka dan inklusif. Meskipun begitu, kasuh-kasus intoleransi masih sering terjadi dan merugikan masyarakat.

Tolerani menjadi akomodasi penting dalam interaksi sosial masyarakat. Indonesia yang memiliki beragam kultur menjadikan kita sebagai negara yang rentan akan sikap intoleransi. Padahal, jika ditelusuri lebih lanjut, banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari sikap intoleransi.

Menyambut Tahun Toleransi 2022 yang dicanagkan oleh Kemenag, berikut beberapa manfaat toleransi yang Sahabat Damai perlu ketahui.

1. Meningkatkan Keimanan

Di dunia terdapat 7 agama besar yang terkenal dan memiliki banyak penganutnya. Indonesia sendiri memiliki 6 agama resmi, yaitu Islam, Kristen, Katholik, Buddha, hindu dan Konghucu. Manfaat dari toleransi salah satunya ialah menciptakan suasana harmonis antar umat beragama. Selain itu, perasaan saling menghargai yang tercipta akan membuat seseorang memiliki dorongan dalam menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2. Menciptakan Rasa Rukun dan Damai

Tidak ada seorangpun yang menginginkan kehidupan yang jauh dari kata perdamaian. Dipenuhi oleh kekacauan serta perpecahan dan konflik dimana-mana. Solusi dari segala keresahan tersebut ialah dengan menciptakan kehidupan penuh toleransi.

Toleransi dangatlah diperlukan dalam mewujudkan rasa cinta damai dan rukun antar sesama manusia. Jika perdamaian terjaga dengan baik, maka negara dan bangsa pun akan stabil dari segala permasalahan maupun konflik yang timbul.

3. Rasa Aman Bagi Minoritas

Masyarakat Indonesia terdiri atas beragam suku, ras dan budaya. Artinya beberapa masyarakat tidak sama jumlah penduduknya dengan masyarakat suku lain. Ada minoritas diantara kehidupan bangsa Indonesia. Salah satu manfaat lainnya dari toleransi ialan menjamin rasa aman bagi kaum minioritas, terutama masyarakat daerah yang tinggal dan menetap di tanah rantau.

4. Mempererat Rasa Persaudaraan

Manfaat dari toleransi lainnya ialah dapat memupuk serta mempererat tali persaudaraan sesama umat manusia. Tali persaudaraan yang terikat kuat sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan sebagai masyarakat sosial. Hal ini juga akan membawa negara pada posisi yang kokoh dalam setiap perselisihan yang ada.

5. Menambah Ilmu Pengetahuan

Dengan baiknya penerapan nilai toleransi di kehidupan sosial, tentu saja akan membantu masyarakat mudah menerima perbedaan yang ada. Setiap ilmu pengetahuan atau informasi dari pihak berbeda akan mudah kita peroleh. Faktanya, keingintahuan dapat membantu seseorang untuk hidup lebih toleran.

6. Memperkuat Rasa Nasionalisme

Manfaat toleransi lainnya ialah menunjukkan seberapa nasionalismenya seseorang. Orang yang memiliki nilai torenasi tinggi, biasanya ia juga memiliki rasa cinta pula terhadap bangsa dan negaranya. Hal ini diperlihatkan melalui tindakan dan setiap pergerakan yang ia lakukan selama menjadi masyarakat suatu negara.

7. Mendukung Pemenuhan HAM

Toleransi menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat dunia, toleransi juga merupakan suati sikap yang turut mendukung keberadaan HAM serta melindungi hukum dan menjaga berjalannya hukum dengan benar. Melalui toleransi, masyarakat juga diajak untuk memperjuangkan HAM setiap manusia di muka bumi. Karena, setiap manusia memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai makhluk ciptaan Allah SWT.

Nah, Sahabat itulah beberapa manfaat dari toleransi yang kita gaungkan selama ini. Pemerintah dengan bantuan Kemenag telah merencanakan suatu project demi kebaikan seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, kita perlu menebarkan sikap-sikap toleransi yang sebenarnya memang mengundang banyak sekali kebaikan.

Yuk, hidup lebih baik mulai dari sekarang. Kita akan memulainya dengan sikap saling menghargai.

A Sofyan NA

Join The Discussion