free page hit counter
Opini

Museum Kota Makassar

Tahukah kalian, di Kota Makassar ada sebuah museum loh. Jika selama ini kita hanya mengenal museum La Galigo, tidak jauh dari La Galigo terdapat gedung tua yang dulunya digunakan sebagai kantor balaikota, atau kantor pusat pemerintahan kota Makassar. Ayo kita kaji lagi mengenai museum ini. Lanjutkan terus bacaanmu ke bawah ya J

Museum kota makassar merupakan cagar budaya nasional. Awal dibangunnya, museum ini bernama Gemeentehuis. Gemeentehuis (Bahasa Belanda) dalam Bahasa Indonesai disebut Balai Kota. Didirikan pada Tahun 1918 oleh pemerintah Belanda yang bertujuan digunakan sebagai Kantor Walikota Makassar. Gemeentehuis diresmikan oleh J.E Dan Brink pada Tahun yang sama dengan pembangunannya.

Arsitektur bagunan Gemeentehuis berciri khas neon klasik. Bangunannya berbentuk segi empat, bertingkat dengan konstruksi beton. Gemeentehuis terdiri dari dua bagian bangunan. Bangunan utama dan bangunan pendukung. Bangunan utama terletak di depan. Bangunan pendukung terletak di belakang. Gemeentehuis memiliki pekarangan yang asri dan luas. Sehingga sangat nyaman dan juga sejuk.

Kini Gemeentehuis atau balaiakota lama kita kenal sebagai Museum Kota Makassar. Pengalihan fungsi menjadi Museum dilakukan pada Tahun 1916. Diinisiasi atas ide dari Drs. H.B Amiruddin Maula, SH.MSi, di masa awal-awal menjabat sebagai walikota Makassar.

Museum Kota Makassar terletak di jantung kota Makassar. Pada tanggal 07 Juni 2000 museum kota Makassar resmi diberdayakan untuk umum. Museum ini terbuka untuk masayarakat yang membutuhkan informasi mengenai identitas kota Makassar, sejarah, budaya serta kehidupan pluraritas masyarakat. Kegiatan pameran, festival, lomba serta kunjungan wisata tak jarang dilakukan di museum kota Makassar

Jika kamu hendak mengunjungi museum Kota Makassar, cukup dengan registrasi nama di buku tamu lalu kita menikmati koleksi yang luar biasa. Pengunkung dapat menikmati peta Kota Makassar pada jaman dahulu, baju-baju adat yang di Kota Makassar. Tak ketinggalan, koleksi batu dan senjata. Serta pengunjung dapat berkenalan dengan pemimpin kota Makassar mulai dari yang pertama hingga yang sementara menjabat. Ayo tunggu apa lagi, ayo ke Museum Kota Makassar. Alamat museum yakni, Jl. Balai Kota No. 11 A, 90111 Kelurahan Baru Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Join The Discussion