free page hit counter
Berita

Peringati Sumpah Pemuda, DD SULSEL Ambil Peran!

28 Oktober adalah hari Sumpah Pemuda. Hari bersejarah, hari perjuangan pemuda bangsa Indonesiadalam menyatukan semangat persatuan bersama bersimpun mewujudkan perubahan bagi bangsadengan membebaskan diri dari belenggu penjajahan pada tahun 1928 silam.

kini, Sembilan puluh satu tahun setelah masa itu. semangat 28 oktober silam masih sangat dibutuhkanbangsa Indonesia. Masih banyak masalah yang harus dihadapi kaum muda, seperti halnya perpecahan akibat perseteruan antar kelompok, mudahnya tergerus isu berbahaya akibat perubahan zaman yang semakin maju sehingga jalan kedamaian antar kaum muda makin runtuh dan berkurang.

Peran pemuda menjadi penting sebagai generasi penerus yang menentukan kemajuan bangsa di masamendatang, peran pemuda adalah tombak keberhasilan bangsa, kunci dari segala juru kunci kebebasan bangsa.

Tepat hari ini, Pukul 05.45an hingga 09.45an tgl 27 Oktober 2019, Kaum muda dari tanah daeng yang menyebut sebagai Duta Damai Sulawesi Selatan dalam naungan Badan Penanggulangan Terorisme Nasional (BNPT) menggelar Deklarasi sumpah pemuda bertajuk Peristiwa dengan tema “PemudaBersatu Indonesia Maju” yang di selenggarakan di badan jalan Car Free Day Anjungan Pantai Losari.

Rangkaian deklarasi yang dilakukan yakni Pemutaran Lagu kebangsaan Indonesia Raya & BangunPemuda-Pemudi, Damai itu Indonesia, kemudian disusul dengan Kampanye Damai Sumpah pemudadengan mengajak seluruh pengunjung Car Free Day Losari ikut serta berpartipasi dengan Tanda Tangan serentak Menyuarakkan aspirasi dan harapan untuk kaum muda dimasa mendatang, bersama mengucapkan IKRAR Sumpah Pemuda & IKRAR Damai. bukan hanya itu keseruan deklarasi makinmemuncak dengan pembacaan puisi berantai oleh tim Duta Damai SULSEL, dan tersedianya Badrop, paraga/Twibbon kreatif yang terkesan sangt unik dan indah disediakan.

Harapan terbesar dari kaum muda tepatnya Duta Damai SULSEL adalah pemuda hari ini sadar dan paham perannya, cerdas dan kreatif dalam mengolah informasi dan berbagai permasalahan yang akandan sedang di hadapinya. pemuda adalah cerminan, jika pemudanya baik maka bangsa pun akan menjadi baik, jika pemudanya lemah maka bangsa pun akan hancur.

bukan hanya itu, berbagai pesan sarat makna dan menggelora membangkitkan semangat disampaikan oleh para pengunjung yang di torehkan bersama dengan tanda tangannya. salah satunya adalah

“Bersatu dalam perbedaan Indonesia akan maju dan sebab dengan kedamaian Indonesia akan indah”

bySishy.

Perayaan deklarasi ini dilakukan tanggal 27 oktober tepat hari Ahad di kegiatan Car Free Day telah dirapatkan dari jauh2 hari, dan inilah momentum terbaiknya, agar kita semua tidak melupakan sejarah, memperingati lebih awal adalah cara dan peran terbaik bagi Duta Damai Sulsel, dan semoga masyarakat khususnya kaum muda Makassar tidak melupakan sejarah itu.

Salam perdamaian, pemuda harus bangkitsebab Indonesia harus terus berkembang maju dan damai dimulai dari kaum mudanya. (Ris)

Join The Discussion