free page hit counter
Opini

Demokrasi Pancasila Perwujudan Bangsa Indonesia

Setiap tanggal 15 September, masyarakat dunia maupun masyarakat Indonesia secara nasional memperingati Hari Demokrasi Internasional. Hal itu berdasarkan keputusan PBB yang menetapkan 15 September sebagai hari peringatan Demokrasi di seluruh dunia sejak tahun 1988. Selain itu, tujuan dari peringatan ini ialah sebagai peninjau keadaan serta pelaksanaan demokrasi dunia yang merupakan bagian penting dari sistem dan cara berfikir dalam bernegara maupun berbangsa.

Demokrasi sendiri adalah sebuah sistem pemerintahan yang memberikan hak dan kesempatan yang setara untuk berkontribusi dalam proses pengambilan keputusan. Dengan kata lain Demokrasi ialah jalan bagi masyarakat untuk menentukan hidup bangsa dan negara yang tentunya sesuai dengan keinginan para leluhur dan juga memenuhi kebutuhan masyarakat di era sekarang. Salah satunya ialah perdamaian.

Demokrasi di Indonesia

Dalam makna lain, demokrasi dapat dikatakan sebagai kekuasaan rakyat. Nilai-nilai kebebasan, Hak Asasi manusia, dan partisipasi kekuatan sipil merupakan elemen penting sebuah demokrasi. Pada akhirnya, demokrasi memiliki kebebasan namun, pelaksanaannya yang sesuai dengan aturan akan memberikan kita sebuah lingkungan untuk berlindung dan tentunya menjadi cara yang efektif untuk mewujudkan Hak Asasi Manusia di segala penjuru dunia. Namun, sistem demokrasi yang dilaksanakan harus disesuaikan dengan ideologi yang dianut oleh sebuah negara, termasuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebagai salah satu negara yang menganut sistem demokrasi, Indonesia patut berbangga diri serta bersyukur dengan peringatan Hari Demokrasi Internasional ini. Pasalnya, Indonesia sendiri memiliki sejarah demokrasi yang cukup melimpah dan sekarang ini sedang dilakukan peningkatan serta pemeliharaan nilai-nilai maupun praktik demokrasi yang sedang berlangsung. Negara Indonesia juga tidak dapat sewenangnya memberikan kebebasan pada masyarakat tanpa ada batasan. Karena, hal tersebut dapat menimbulkan konflik yang bertentangan dengan asas-asas Pancasila.

NKRI sendiri menganut sistem Demokrasi Pancasila. Hal ini disesuaikan dengan asas-asas Pancasila yang telh diketahui memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara. Pelaksanaannya mengharuskan kita sebagai masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa maupun negara, saling menghargai serta selalu bermusyawarah dalam menyelesaikan berbagai masalah. Hal ini sama seperti nilai-nilai yang tertuang dalam Pancasila.

Pelaksanaan Demokrasi Pancasila

Bagi NKRI, pilihan yang tepat untuk menganut sebuah paham demokrasi ialah Demokrasi Pancasila. Demokrasi Pancasila yang merupakan perwujudan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang mengandung semangan Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan bangsa Indonesia telah banyak tertuang pada pilar-pilar demokrasi yang membantu berdirinya kehidupan yang berdemokrasi. Misalnya dalam kegiatan musyawarah desa, partai politik, atau lembaga swadaya masyarakat. Pilar- pilat ini harus lah dikembangkan serta dilestarikan agar terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis.

Kehidupan bangsa dan negara yang tertib dan juga tenteram serta stabil, akan mendorong masyarakat untuk turut secara aktif dalam pelaksanaan pemerintahan dan mendukung dengan sekuat tenaga, dalam artian menciptakan sikap Nasionalisme yang tinggi. Pemerintahan negara yang demokratis akan berjalan dengan baik apabila pelaksanaannya sesuai dengan cita-cita yang luhur dan kepribadian bangsa Indonesia.

Hal ini berarti, masyarakat Indonesia harus aktif berpartisipasi dalam pembangunal nasional agar adil dan merata, sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, dalm lebih menjunjung kepentingan berbangsa dan bernegara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Tentunya dengan terciptanya kehidupan masyarakat yang demokratis, baik pelaksanaan maupun penanaman nilai-nilai pancasila dalam diri setiap bangsa, akan membantu terciptanya suatu perdamaian secara nasional maupun internasional.* A Sofyan NA

One Response

  1. idaa September 16, 2019

Join The Discussion