free page hit counter
Opini

Khalifah Millennial Pengawal bagi Ideologi Pancasila

Pancasila merupakan konsep hidup yang telah disepakati bersama oleh masyarakat Indonesia sebagai upaya untuk menjaga perdamaian serta kerukunan berbangsa dan bernegara. Selain itu diperlukan pula upaya membangun perdamaian untuk menghindari kerusakan dan pertumpahan darah yang sesuai dengan misi yang diberikan Tuhan kepada manusia sebagai khalifah di muka bumi.

Khalifah di era sekarang atau yang lebih sering disebut generasi millennial harus mampu mengambil peran serta amanah dari leluhur bangsa dalam menjaga pondasi persatuan masyarakat agar tidak terjadi keretakan dan dengan bersatunya masyarakat millennial tentu akan mampu menciptakan ideologi yang baik. Tentunya dengan berlandaskan Pancasila sebagai ideologi dasar bangsa Indonesia akan membantu menyatukan keberagaman masyarakat.

Generasi millennial diharapkan telah mampu mengambil peran dalam mempraktikan ideologi Pancasila pada kehidupan sosial masyarakat yang berbudaya dan beragam. Agar masyarakat masa sekarang memiliki kemampuan dalam mengedepankan perdamaian, kebersamaan, kerukunan, dan persatuan bangsa. Peranan generasi millennial dalam mengawal ideologi pancasila harus diikuti dengan sikap yang tangguh, tentunya dengan modernisasi kecanggihan teknologi yang diselaraskan dengan konsep hidup negara atau ideologi pancasila. Namun faktanya terkadang generasi millennial lebih banyak menjauhi nilai luhur dari Pancasila itu sendiri. Padahal generasi sekarang membutuhkan nilai-nilai penting dari ideologi Pancasila itu.

Keberadaan Pancasila juga memberikan tujuan hidup masyarakat yang sejatinya sadar secara penuh bahwa kita dilahirkan dan hidup di tanah ibu pertiwi. Maka selayaknya kita sebagai generasi millennial harus menjaga serta mencintai tanah air dengan sangat baik dan juga melaksanakan pembangunan masyarakat yang menginginkan kerukunan sosial demi kemajuan negara dan berbangsa.

Dalam pembentukan generasi pemimpin ideologi Pancasila diperlukan pembaharuan penerapan serta pemberian paham nilai pokok Pancasila yang tepat dan sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga millennials mudah memaknai nilai pokok Pancasila dan keinginan bangsa untuk menopangkan negara di pundak para millennial dapat dengan mudah terwujud.

Sejatinya memang generasi millennial yang harus menjadi dalang utama dalam memainkan peran kehidupan dengan nilai-nilai Pancasila masa sekarang ini. Oleh sebab itu ideologi Pancasila harus selalu diberikan dan dipraktikan kepada para penerus bangsa dalam menjalani kehidupan yang semakin beragam, baik itu keberagaman yang telah lama dimiliki negara maupun keberagaman generasi sekarang dalam menerima perkembangan teknologi. (*asn)

Join The Discussion