free page hit counter
Opini

Perjuangan Generasi Millenial; Merawat dan Mengawal Pancasila

Sebagai warga Negara Indonesia, tentu sudah kewajiban kita untukmenjunjung tinggi identitas dan potensi bangsa, salah satu nya menghormati danmenerima konsepsi dasar pancasila. Pancasila merupakan representasi nilai-nilailuhur bangsa. Dalam implementasi nya, terkadang menjadi sebuah pertanyaanbesar pada diri kita, yakni dengan cara seperti apakah pancasila membangunnegeri ini?Dengan membaca sejarah, saat perumusan dasar-dasar pancasila. Pancasilalahir atas dialektika tokoh-tokoh bangsa. Dialektika tersebut memunculkan tesisdan antithesis atas Dasar Negara yang akan digunakan.

Perlu diketahui, Pancasiladiputuskan atas dasar titik temu, dan titik kesamaan tujuan bangsa kita. Pancasilabukanlah arogansi golongan, melainkan pancasila adalah pengorbanan semuagolongan di Indonesia. Pancasila adalah potensi bangsa kita, kekayaan Indonesiayang seharusnya dijadikan sebagai media introspeksi diri kita bahwa pancasila lahyang harus menjadi jiwa dan raga anak bangsa, tentu dengan tidakmenyampingkan hal ikhwal hidup manusia, misalnya kepercayaan terhadapTuhan sebagai tugas khalifah di muka bumi.Sadar atau tidak sadar, mengkaji sebuah dasar Negara , Pancasila sama halnya dengan merencanakan perencanaan masa depan kita sehingga acapkalidisamakan dengan membangun bangsa dan negeri. Bukan hanya fisik saja yangdilihat, melainkan sisi non fisik juga termasuk ranah pembangunan.

Atas dasarkeberagaman dan kekayaan potensi bangsa, Indonesia lebih senang membangundengan paradigma kekeluargaan dan kebersamaan. Menjadi upaya dalammembangun nilai-nilai perdamaian dan menjadi warisan bagi para pemuda,terutama kepada generasi millenial untuk terus menjaga nilai-nilai perdamaianserta tugas kita sebagai khilafah di bumi ini untuk terus hidup dalam kerukunan.Pancasila lahir bukan hanya dari arogansi orang-orang minoritas, melainkan lahirkarena fitrah dan kodrat kita sebagai manusia umumnya Indonesia dan ciptaanAllah.Sebagai dasar negara, kedudukan Pancasila bagi bangsa ini memilikikedudukan yang sangat sentral dan tidak tergantikan. Pancasila adalah ideologibagi bangsa ini. Sebagai ideologi, Pancasila memiliki nilai-nilai yang menjadipandangan hidup bangsa Indonesia. Sehingga dapat dikatakan bahwa pancasilamerupakan jati diri bangsa ini.

Pancasila merupakan suatu konsep yang dijadikansebagai pegangan untuk mencapai suatu tujuan bangsa dalam kehidupanberbangsa dan bernegara.Generasi Millenial sekarang ini sudah seharusnya untuk mampumenerapkan nilai-nilai pancasila di dalam kehidupan sehari-hari sebagai amanatmenjaga bangsa ini dari kerusakan dan pertumpahan darah akibat perpecahanserta upaya untuk membangun perdamaian dunia yang telah menjadi tugas kitasebagai Khalifah di muka bumi ini. Sudah saatnya langkah estafet ini diberikankepada generasi pemuda untuk merawat nilai-nilai Pancasila sejak dini sebagailangkah perjuangan dan pengabdian negara. (*aws)

Join The Discussion