free page hit counter
Opini

Kenali Keutamaan Malam-Malam Ganjil, Malam Lailatul Qadar

Diantara dua belas bulan, ada satu bulan istimewa untuk seluruh umat muslim yakni datangnya bulan suci Ramadhan. Bulan yang penuh dengan rahmat dan hidayah. di bulan suci tersebut ada beberapa malam yang menjadi malam  terbaik, yaitu malam-malam ganjil

Ada apa di malam-malam ganjil Ramadhan? Sahabat damai, kita menyadari di malam-malam ganjil bulan suci, Allah SWT menurunkan rahmatnya, yaitu Kitab suci Al-qur’an sebagai petunjuk semesta alam. Malam lailatul qadar tersebut begitu banyak rahmat dan hidayah yang allah swt berikan kepada mereka yang beruntung.

Malam Lailatul Qadar secara khusus biasanya terjadi pada malam-malam ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadhan yaitu 21, 23,25, 27, dan 29. Sehingga dianjurkan memperbanyak sholat malam, membaca Al-Quran, dan berdoa guna meraih keutamaannya.

Buya Yahya mengatakan bagi yang biasa berbuat kebaikan, maka di malam itu nilainya lebih bagus daripada yang dilakukan dalam tempo seribu bulan. Meski banyak yang berpendapat bahwa Lailatul Qadar ada pada 10 malam terakhir Ramadhan.

Ia menganjurkan agar umat Muslim memaksimalkan ibadah setiap malam Ramadhan. “Berusahalah semaksimal mungkin untuk mengejar Lailatul Qadar setiap malam kalau perlu,” dilansir kanal youtube Albanhaj TV.

Meskipun Tak ada yang tahu pasti kapan malam ganjil keberapa Lailatul Qadar datang, Tidak ada satu orangpun yang dapat memprediksi datangnya malam kemuliaan tersebut. Namun, Rasulullah SAW pernah memberitahukan ciri-cirinya.

Pada malam Lailatul Qadar orang-orang yang menjalankan ibadah akan bermimpi baik. sahabat Nabi SAW diperlihatkan Lailatul Qadar dalam mimpi (oleh Allah SWT) pada tujuh malam terakhir (Ramadhan). Kemudian, Rasulullah SAW berkata:

“Aku melihat bahwa mimpi kalian (tentang Lailatul Qadar) terjadi pada tujuh malam terakhir. Maka barang siapa yang mau mencarinya maka carilah pada tujuh malam terakhir,” (HR Muslim).

Lailatul qadar adalah malam yang tenang dan tenteram, suhu udaranya tidak terlalu panas dan dingin.Angin saat malam ini juga tenang dan tidak berhembus kencang dan tidak ada petir. Saking padatnya bumi karena dipenuhi oleh malaikat, maka alam menjadi lebih tenang dan tidak banyak bergerak.

Menurut para ulama, di antara ciri-ciri malam Lailatul Qadar adalah adanya perasaan beribadah menjadi terasa lebih khusyuk. Di malam itu, hati akan merasa sangat khidmat ketika beribadah. Muncul ketenangan hati dan kenikmatan bermunajat kepada Allah tidak seperti malam-malam lainnya.

Di malam Lailatul Qadar, suhunya tidak terlalu dingin dan tidak panas.Sehingga, penduduk bumi yang merasakannya akan merasa jauh lebih tentram dan nyaman. Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa ciri-ciri Lailatul Qadar juga dapat terlihat dari bentuk bulan di malam tersebut.

“Kami pernah berdiskusi tentang Lailatul Qadar di sisi Rasulullah SAW, Beliau berkata, ‘Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan,” (HR Muslim).

Salah satu ciri malam Lailatul Qadar adalah matahari terbit dengan teduh keesokan harinya.Maksudnya adalah cahaya matahari cerah namun tidak terik. Pada malam Lailatul Qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar.

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Aisyah RA pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasul, andaikan aku bertemu Lailatul Qadar, do’a apa yang bagus dibaca? Rasul menjawab:“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni” yang artinya Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku (HR. Ibnu Majah)

Keutamaan malam-malam ganjil adalah dengan mendapatkan ganjaran pahala yang didapatkan lebih baik ketimbang beribadah di bulan lain, sekalipun selama seribu bulan juga menjadi malam pengampunan dosa dan awal kemuliaan bagi hamba Allah SWT yang mendapatkannya.

Seahabat damai,  mari kita itikaf dan bersungguh-sungguh melakukan segala aktifitas yang mendatangkan rahmat dan hidayah Allah SWT, agar dapat menjadi salah satu manusia terpilih di malam-malam ganjil, malamnya lailatul Qadar.

Ryn Maniest

Join The Discussion