free page hit counter
Berita

Rakornas Duta Damai : Refleksi Setahun Berkontribusi

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia, kembali menyatukan seluruh relawan Duta Damai Dunia Maya dalam kegiatan Rapat Kerja Nasional 2020. Kegiatan Rakornas ini berlangsung pada 4-6 Maret 2020 dan beralokasi di Prama Sanur Beach Hotel, Provinsi Bali. Seperti tahun sebelumnya, peserta kegiatan merupakan perwakilan dari anggota aktif Duta Damai Dunia Maya yang tersebar di 13 provinsi (regional) dari sabang hingga merauke. Kurang lebih 130 orang anggota dipertemukan dalam Rakornas Duta Damai Dunia Maya 2020 ini.

Kol. Pas. Drs. Sujatmiko selaku Kasubdit Kontra Propaganda yang juga menjadi ketua pelaksana dalam pidatonya mengingatkan kembali peran dan tugas utama dibentuknya Duta Damai Dunia Maya dalam menangkal doktrin/paham radikal melalui media sosial dengan menjadi pemegang benteng pertama bagi generasi muda. Hal tersebut diperjelas pula oleh Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi, Mayjen TNI Paruhuman Lubis dalam sambutannya yang sekaligus membuka Kegiatan Rakornas secara resmi.

“Relawan duta damai BNPT bukan dibentuk untuk melawan narasi kekerasan, namun lebih diarahkan untuk memenuhi dunia maya dengan narasi perdamaian. Duta damai bukan diperuntukkan untuk melawan narasi radikal, namun fokus dalam benteng utama para generasi muda agar tidak terjerumus dan terpapar dengan mudah pengaruh berbagai narasi kekerasan yang nyatanya itu akan berujung pada sikap radikal.“

Mayjen TNI Paruhunan Lubis

Pada Rakornas ini juga menghadirkan Brigjen Pol. Ir. Hamli, M. E. selaku Direktur Pencegahan dan Derakalisasi sebagai narasumber dalam fokus penjelasan tentang Perkembangan Jaringan Terorisme yang di dampingi jajaran Pusat Media Damai (PMD). Direktur Pencegahan dan Derakalisasi menyatakan Duta Damai sangat wajib memahami perkembangan jaringan terorisme agar dapat melakukan tugasnya dengan baik. Seluruh elemen materi yang disampaikan merupakan bahan pembelajaran eksklusif bagi para Duta Damai Dunia Maya ini.

Perwakilan Duta Damai Sulawesi Selatan

Pada hari kedua pelaksanaan Rakornas ini, dipimpin langsung oleh perwakilan Pusat Media Damai sebagai bagian BNPT yang mewadahi langsung segala aktivitas Duta Damai Dunia Maya di 13 regional. Pembahasan Petunjuk Pelaksanaan Duta Damai Dunia Maya merupakan hal paling utama dalam agenda tersebut. Petunjuk Pelaksanaan Duta Damai Dunia Maya memuat panduan struktural dan sistematis mengenai keberadaan Duta Damai Dunia Maya secara hukum. Hal ini sesuai dengan Peraturan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme No. 4 Tahun 2019 sebagai Relawan Penggerak Perdamaian dalam Penjegahan Radikal Terorisme di Dunia Maya.

Kegiatan Rakornas ini adalah bentuk refleksi Duta Damai Dunia Maya BNPT RI sejak terbentuk di tahun 2016 silam. Dalam rapat ini, kembali diberikan penekanan langsung kepada para relawan Duta Damai Dunia Maya Indonesia agar nantinya bersinergi dengan seluruh lintas lapisan masyarakat termasuk generasi muda. Sinergi tersebut berupa produk-produk berkualitas sebagai medium dalam penangkalan paham radikal, intoleransi, maupun tindak kekerasan terorisme. (RYN-ASN)

Join The Discussion