free page hit counter
Uncategorized

Mengenal Keutamaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Maulid Nabi merupakan salah satu hari besar dalam agama Islam yang dirayakan setiap tahun. Tapi, apa sebenarnya itu Maulid Nabi? 

Maulid Nabi adalah perayaan untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW dan menjadi bentuk ungkapan kebahagiaan atas kehadiran Nabi Muhammad SAW. Menurut buku Tujuan Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW karya Al-Imam Al-Hafidz Jalaluddin As-Syuyuthi, esensi perayaan Maulid Nabi SAW adalah berkumpulnya umat Islam untuk bersama-sama membaca Al-Qur’an, menceritakan kisah hidup Nabi Muhammad SAW, dan melakukan berbagai amalan lainnya. Setiap muslim yang merayakan Maulid Nabi berarti mengangungkan Nabi Muhammad SAW.

Keutamaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Terdapat beberapa keutamaan dalam memperingati maulid nabi. Berikut di antaranya:

  1. Termasuk Perbuatan Terpuji

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang memulai dalam Islam sebuah perkara baik, maka ia akan mendapatkan pahala dari perbuatan baiknya tersebut, dan ia juga mendapatkan pahala dari orang yang mengikutinya setelahnya, tanpa berkurang pahala mereka sedikitpun.” (HR. Muslim)

  1. Meneguhkan Keimanan dan Ketakwaan

Peringatan Maulid Nabi adalah kesempatan bagi umat Islam untuk merefleksikan kembali iman dan ketakwaan mereka kepada Allah SWT. Dengan merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, kita akan semakin terdorong untuk mencontoh akhlak dan budi pekerti beliau.

  1. Bentuk Syukur atas Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Imam Muslim dalam kitab shahihnya, menuliskan bahwa ketika Rasulullah SAW ditanya mengapa beliau berpuasa pada hari Senin, beliau menjawab, “Hari itu adalah hari kelahiranku.” (HR Muslim). 

Hadits ini menunjukkan bahwa Rasulullah SAW menjalankan puasa pada hari Senin sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Hal ini juga memberikan isyarat bahwa Rasulullah SAW mensyukuri hari kelahirannya. Oleh karena itu, Maulid Nabi SAW menjadi wujud rasa syukur umat Islam atas kelahiran Rasulullah SAW.

  1. Mempelajari Sirah dan Akhlak Nabi Muhammad SAW

Peringatan Maulid Nabi juga merupakan momen untuk mendalami akhlak dan perjalanan hidup (sirah) Nabi Muhammad SAW dari kelahiran hingga wafat. Melalui kegiatan ini, kita umat muslim akan lebih memahami dan meneladani beliau.

  1. Amalan Berpahala Surga

Ali RA berkata, “Barang siapa mengagungkan Maulid Nabi SAW dan ia menjadi sebab dilaksanakannya pembacaan Maulid Nabi, maka tidaklah ia keluar dari dunia melainkan dengan keimanan dan akan dimasukkan ke surga tanpa hisab.

Itulah beberapa keutamaan dalam merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW dan semoga bisa jadi inspirasi buat sobat damai. Wallahu a’lam. Semoga bermanfaat!

Penulis: Riska

Join The Discussion