free page hit counter
Uncategorized

Membanggakan, 6 Menteri-Wamen Asal Sulsel Bergabung dalam Kabinet Merah Putih

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka telah mengumumkan susunan Kabinet Merah Putih, yang terdiri dari 48 menteri dan 55 wakil menteri. Tercatat 6 anggota kabinet berasal dari Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka dilantik di Istana Kepresidenan Jakarta pada 21 Oktober 2024, dengan prosesi pelantikan menteri berlangsung pagi hari dan wakil menteri pada siang hari. 

Berikut daftar sederet nama menteri dan wakil menteri asal Sulsel di Kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo-Gibran. 


1. Menteri Agama : Nasaruddin Umar

Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA., adalah tokoh agama asal Sulawesi Selatan, menjabat sebagai Menteri Agama di Kabinet Merah Putih. Lahir di Ujung-Bone pada 23 Juni 1959, ia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Syariah IAIN Alauddin, Ujung Pandang. Saat ini, Nasaruddin juga menjabat sebagai Imam Besar Masjid Istiqlal, dosen di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Rektor Universitas PTIQ.

2. Menteri Pertahanan : Sjafrie Sjamsoeddin

Sjafrie Sjamsoeddin menjabat sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Prabowo-Gibran. Ia memiliki latar belakang militer, pernah menjabat sebagai Asisten Khusus Menteri Pertahanan sejak 2019, dan merupakan lulusan Akademi Militer 1974 dari Kopassus. Sjafrie lahir di Makassar pada 30 Oktober 1952.

3. Menteri Pertanian : Andi Amran Sulaiman

Andi Amran Sulaiman, kelahiran Bone pada 27 April 1968, kembali dipercaya sebagai Menteri Pertanian dalam Kabinet Prabowo-Gibran. Ini bukan pertama kalinya ia memegang posisi tersebut. Ia sebelumnya menjabat Menteri Pertanian di era Jokowi-JK (2014-2019) dan kembali menggantikan Syahrul Yasin Limpo pada 2023. Amran dikenal atas kontribusinya di sektor pertanian dan merupakan kakak dari mantan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

4. Menteri Hukum : Supratman Andi Agtas

Supratman Andi Agtas, Menteri Hukum dalam Kabinet Merah Putih, adalah putra asal Sulsel yang lahir di Soppeng. Ia menyelesaikan pendidikan dasar di Soppeng dan menempuh SMP serta SMA di Tolitoli, Sulawesi Tengah. Supratman meraih gelar S1 Hukum di UMI Makassar, S2 di Universitas Hasanuddin, dan S3 di UMI. Sebelum menjabat menteri, ia bertugas sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

5. Wakil Menteri Luar Negeri : M Anis Matta

M Anis Matta, kelahiran Bone, 7 Desember 1968, kini menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Prabowo-Gibran. Ia menempuh pendidikan dasar di Maluku dan Bone, serta melanjutkan studi di Pesantren Darul Arqam, Makassar. Anis meraih gelar sarjana syariah dari LIPIA Jakarta pada 1992. Selain itu, sejak 2019 ia menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gelora dan memiliki rekam jejak politik sebagai Sekjen dan Presiden PKS, serta Wakil Ketua DPR RI Bidang Ekonomi dan Keuangan.

6. Wakil Menteri Perlindungan Pekerja Migran Dzulfikar Ahmad Tawalla

Dzulfikar Ahmad Tawalla, kelahiran Sungguminasa, Gowa, 28 April 1987, kini menjabat sebagai Wakil Menteri dan Wakil Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Putra ulama K.H. Ahmad Tawalla ini menyelesaikan pendidikannya di Sulawesi Selatan dan aktif di Muhammadiyah. Ia pernah memimpin IPM Sulsel dan menjabat Sekjen Pemuda Muhammadiyah di bawah kepemimpinan Cak Nanto. Pada 2023, ia terpilih sebagai Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah periode 2023-2027.

Penulis: RR

Join The Discussion