free page hit counter
Uncategorized

Athirah RC Talk “Gen Alpha”

Menanggapi pesatnya penggunaan internet di kalangan anak-anak, Sekolah Dasar Islam Athirah menginisiasi sosialisasi bijak dalam menggunakan internet untuk para siswa. Kegiatan ini diadakan pada Jumat 30 agustus 2024 di Mushollah SD Islam Athirah Racing Centre. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari ATHIRAH RC Talk yang bekerja sama dengan Duta Damai BNPT RI regional Sulawesi Selatan, dengan mengangkat Tema “Gen Alpha super hero dunia digital”. Para guru dan siswa dari kelas I hingga kelas VI mengikuti kegiatan ini dengan dengan antusias.

Mono, selaku wakil koordinator Duta Damai Sulawesi Selatan menyampaikan beberapa hal terkait penggunaan internet bagi anak, seperti bahaya dari bermain game online yang mempertontonkan adegan kekerasan yang dapat mempengaruhi perilaku dan karakter anak. Hal ini menjadi pemicu banyaknya kasus kekerasan dan bullying di berbagai tingkat sekolah, bahkan hingga perguruan tinggi.

Adapun dampak negatif lain dari penggunaan internet yang perlu dihindari adalah paparan konten pornografi dan HOAX. Para siswa Sekolah Dasar Islam Athirah, diharapkan berhati hati ketika hendak menggunakan internet dan meminta pengawasan kedua orang tua saat menggunakan internet.

Duta damai juga mengimbau para siswa untuk pandai dalam mengatur waktu mereka. Seringkali menggunakan internet membuat siswa saja lupa waktu dan menjadi tidak disiplin dalam mengatur kegiatan hariannya. Jika digunakan dengan baik, Internet bisa menjadi tempat untuk mempelajari hal hal baru yang bermanfaat untuk menjadi soft skill siswa.

Siswa juga diingatkan ketika menerima informasi di internet atau sosial media, sangat penting untuk mengetahui kebenaran berita tersebut sebelum dibagikan ke orang lain. Seringkali adanya berita yang palsu dan HOAX memicu perdebatan yang panjang dan berujung pada banyaknya komentar cacian dan makian. Dalam kesempatan tersebut, siswa diminta untuk memperhatikan adab serta tutur kata yang baik dalam mengomentari suatu informasi.

Dengan adanya kegiatan ini, Sekolah Dasar Islam Athirah mengharapkan para siswa sebagai generasi yang lahir dan berinteraksi tinggi dengan internet dan teknologi, menjadi generasi Alpha yang bijak dan menjunjung tinggi nilai nilai yang baik dalam pemanfaatannya. 

Pihak sekolah juga mengapresiasi Duta Damai Sulawesi Selatan yang aktif menggalakkan edukasi perdamaian melalui dunia digital. Mereka juga mengharapkan agar bisa tetap mengadakan kerjasama di berbagai kegiatan mendatang. 

Rahmat Fauzan., 

Duta Damai BNPT RI reg Sulawesi Selatan 

Join The Discussion