Opini

Titik Awal : Pemuda yang Membawa Angin Segar Kemajuan Dunia di Era Society 5.0

Memasuki era modern yang penuh akan tren penggunaan teknologi dan pemanfaatannya di segala sektor kehidupan, membuat kita tidak punya banyak pilihan selain berbaur. Perubahan zaman dan perkembangan pesat akibat globalisasi saat ini telah memasuki Era Revolusi Industri 4.0 yang semakin membawa kita jauh berkembang hingga ke Era Society 5.0.

Perkembangan era tersebut banyak sekali menghasilkan perubahan-perubahan yang tidak dapat kita hindari. Oleh sebab itu, pemuda Indonesia diperlukan pada era sekarang ini untuk dapat menjadi pejuang di garda terdepan dalam proses pembaharuan dan pembangunan bangsa serta negara.

Pemuda diyakini memiliki potensi dan pembawa efek yang sangat luar biasa dalam proses kemajuan suatu negara. Pemuda juga yang menjadi penentu kualitas bangsa bagi negara di masa yang akan datang. Untuk itu, masyarakat Indonesia, khususnya pemuda harus dapat memanfaatnya potensinya dalam meningkatkan kualitas negara melalui kuantitas persatuan.

Pemuda Indonesia diharapkan mampu mengembangkan beragam inovasi melalui kreativitasnya sebagai generasi milenial dan menjadikan hal tersebut sebagai modal utama untuk menghadapi Era Society 5.0.

Mengenal Society 5.0

Digagas oleh negara Jepang, Society 5.0 merupakan konsep yang memungkinkan manusia dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan berbasis modern melalui tenaga robot ataupun AI (Artificial Intelligence) sebagai pemenuh kebutuhan manusia modern.

Society 5.0 ini memusatkan prosesnya pada manusia yang sejatinya menginginkan kebahagiaan. Pada dunia modern, nilai suatu kebahagiaan bisa saja kita peroleh setiap saat. Salah satunya ialah dengan serba instannya kita memeroleh informasi atau segala kebutuhan kita sudah dapat kita penuhi melalui bantuan teknologi.

Artinya, penunjang kehidupan manusia yang serba menggunakan teknologi dan dianggap dapat mempermudah segala jenis pekerjaan serta kebutuhan. Keberadaan Society 5.0 tentu saja tidak lepas dari adanya pengetahuan Sains, Teknologi dan Inovasi yang dikembangkan oleh manusia.

Jepang yang menjadi negara pembuat konsep ini, telah melakukan berbagai riset serta pengembangan teknologi dan kini menjadi produk penting kehidupan masyarakatnya. Jepang telah berhasil dalam hal inovasi dan telah beradaptasi dengan hal-hal yang serba instan melalui kecanggihan teknologi.

Komponen penting pada konsep ini ialah manusia yang mampu menciptakan nilai-nilai kehidupan yang baru dengan menggunakan teknologi mutakhir dan bertujuan untuk meminimalisir adanya kesenjangan antar manusia dan mengatasi masalah ekonomi di masa mendatang. Artinya memang teknologi yang diciptakan oleh manusia dan untuk manusia lainnya.

Jika dikaitkan dengan fakta perkembangan negara kita, Indonesia yang masih berada di level rendah dalam perkembangan suatu negara. Tidak dipungkiri, ke depannya Indonesia dapat mengejar negara-negara maju lain, seperti Jepang dan Amerika. Maka dari itu, kita memerlukan tenaga-tenaga baru untuk dapat mewujudkan serta mempersiapkan bangsa kita menghadapi Era Society 5.0, salah satunya dengan mempersiapkan pemuda Indonesia.

Pemuda Bagi Dunia Masa Mendatang

Sejatinya kita tidak dapat menghindari perubahan yang terjadi, sangat sulit bagi seseorang untuk mengacuhkan hal tersebut. Termasuk perkembangan jaman yang semakin modern, semakin berkembang semakin mengharuskan kita untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan yang lebih luas dan akan menjadi semakin luas setiap saatnya.

Individu maupun kelompok dalam hal ini ialah Indonesia perlu beradaptasi dalam menghadapi perkembangan teknologi, perubahan tatanan perkonomian dunia, segala macam kompetisi yang terjadi antar negara maupun dalam masyarakat nusantara. Indonesia wajib membiasakan diri dengan setiap perubahan yang terjadi.

Salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemuda ialah sigap mengikuti perkembangan jaman dengan baik tanpa terbawa arus, memiliki potensi pemimpin atau kekuatan Leadership, kemampuan berbahasa asing dalam setiap momen, pengetahuan sains maupun teknologi dan keahlian dalam menulis.

Jika para pemuda berhasil memiliki karakter dan keterampilan tersebut, maka persaingan di era Society 5.0 bukanlah hal yang memberatkan pemuda Indonesia. Peningkatan pemahaman mengenai pentingnya inovasi di masa sekarang menjadi langkah awal persiapan para pemuda.

Dikenal sebagai manusia yang masih memiliki banyak semangat juang, pemuda diharap dapat mengelola data ruang informasi di era Society 5.0 dengan baik. Pemuda akan menjadi sosok pemimpin bersahaja di era mendatang, menjadi pemimpin bangsa yang dapat mengawal kemajuan bangsa dan negara serta memanusiakan manusia.

Artinya, tidak hanya bagi suatu negara maupun bangsa saja. Peran pemuda bagi perkembangan seluruh dunia akan menjadi topik utama di era Society 5.0

A Sofyan NA

Referensi : Berbagai Sumber

Join The Discussion