Opini

Yuk, Mengenal Lebih Dekat 7 Agama Terbesar yang Ada di Dunia

Agama atau religi mengenalkan bahwa di dunia ini terdapat suatu hal yang berkuasa atas segala sesuatu, memiliki kekuatan dan pemegang kendali penuh. Secara umum, agama dapat didefinisikan sebagai sistem yang mengatur kepercayaan dan peribadatan Kepada Tuhan serta tata kaidah yang berhubungan dengan budaya.

Hakikat agama pada dasarnya sangat luas tidak terbatas pada perkara tertentu, agama juga menjelma sebagai pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan kehidupan.

Masing-masing agama umumnya mempunyai simbol, mitologi atau sejarah untuk menjelaskan makna hidup dan asal-usul kehidupan atau alam semesta. Sobat Duta Damai tahu tidak, jika jumlah agama di seluruh dunia sangat banyak?

Menurut Kenneth Shouler dalam The Everything World’s Religions Book yang terbit pada tahun 2010, memperkirakan ada sekitar 4.200 agama di dunia ini. Banyak sekali ya ternyata.

Menerima Keberagaman untuk Merajut Perdamaian

Sobat Duta Damai pastinya tidak asing dengan slogan ‘tak kenal maka tak sayang’ Kalau dikembalikan pada konteks sosial, bisa jadi kelompok yang menolak keberagaman dalam beragama, karena faktor belum mengenal esensi masing-masing agama sendiri.

Setiap individu memiliki hak dan dasar masing-masing untuk memilih dan menentukan agama atau kepercayaan apa yang hendak dianut. Sedangkan individu lain memiliki kewajiban untuk menghormati dan bersikap toleransi.

Dengan begitu tercipta sebuah keseimbangan, jika sudah begitu lingkungan dan kehidupan menjadi lebih rukun dan jauh dari konflik komunal. Langsung saja, berikut 10 agama terbesar yang ada di dunia dengan jumlah pengikut paling banyak.

Daftar Agama Terbesar yang Ada di Dunia

Jumlah agama yang ada di Indonesia dan sudah diakui sebanyak 7. Kalau dibandingkan dengan jumlah total lingkup global, tentu tergolong kecil. Namun, agama-agama  yang ada di Indonesia malah menjadi mayoritas agama terbesar yang dianut oleh penduduk di dunia.

1. Christianity

Kristen menjadi agama terbesar nomor satu di dunia. Jumlah penganut agama ini sekitar 2.5 miliar jiwa, Kristen cukup mendominasi dengan prosentase 33,5% penduduk bumi.

Mengutip dari Popbela, agama kristen berfokus pada ajaran Yesus Kristus sebagai bentuk pedoman dalam hidup. Tiga komunitas terbesarnya yakni, Ortodoksi Timur, Katolik Roma dan Protestan.

Kitab suci mereka disebut Alkitab yang sekaligus menjadi pedoman dan petunjuk untuk menjalankan kehidupan. Sobat Duta Damai tahu tidak kalau bentuk ibadah agama Kristen cukup beragam, hlo. Seperti Sakramen, Penanggalan liturgy, Lambang, Baptisan dan Doa.

2. Islam

Posisi kedua sebagai agama terbesar di dunia yakni, Islam dengan jumlah total 1.8 Miliar. Islam disebarkan melalui Nabi Muhammad SAW. Wahyu pertama turun pada tahun 610 M di Gua Hira. Hingga saat ini Islam menjadi agama dengan pengikut terbanyak di Indonesia.

Konsep utama ajaran Islam yaitu Aqidah, Ibadah dan Akhlak. Ketiga konsep utama ini merupakan kunci pembuka dalam mengamalkan ajaran Islam. Islam dibangun atas dasar aqidah yang baik dan benar, kemudian ibadah menjadi isi ajaran dan akhlak merupakan penampilan atau aksi dari ajaran Islam.

3. Hinduism

Agama Hindu menduduki posisi ketiga sebagai agama terbesar selanjutnya, jumlahnya mencapai 1.15 Miliar penganut. Pemeluk mayoritas berada di daerah Asia Selatan terutama India dan Nepal, sedang Indonesia ada di Bali.

Ajaran Hindu juga dipercaya sebagai ajaran tertua yang sudah ada sejak tahun 1500-an sebelum Masehi. Jika sobat tidak asing dengan istilah Yoga dan Cakra (titik energi yang ditemukan di seluruh tubuh), kedua hal tersebut menjadi aspek dari ajaran Hindu yang populer akhir-akhir ini di Barat.

4. Buddhism

Agama dengan jumlah pengikut sebanyak 521 juta pengikut yaitu, Budha. Agama ini dibawa oleh Siddharta Gautama pada tahun 600 SM. Pedoman kitab sucinya adalah Tripitaka yang berarti Tiga Keranjang.

Mayoritas penganut ajaran ini berasal dari Tiongkok dan memiliki dua cabang yaitu Buddhisme Theravada dan Buddhisme Mahayana. Ajaran Budha berdasarkan dari kehidupan setelah kematian, karma, dan reinkarnasi.

5. Agama Tradisional Tionghoa

Posisi kelima sebagai agama terbesar di dunia yakni agama tradisional Tionghoa. Sampai saat ini jumlah penganutnya sekitar 394 juta.

Ajaran ini tidak memiliki kitab suci resmi dan sering merupakan perpaduan antara beberapa kepercayaan atau filsafat seperti Konfusianisme, Taoisme, dan Buddhisme. Umumnya, ajaran tradisional Tionghoa melakukan dua ritual penghormatan, yaitu penghormatan leluhur dan penghormatan dewa dewi.

6. Sikhism

Beberapa dari sobat Duta Damai mungkin masih merasa asing dengan ajaran ini. Sikhism didirikan oleh Guru Nanak pada tahun 1469-1539 M. Ajaran ini dikembangkan di negara bagian Punjab, India.

Penganut ajaran ini mendapat julukan ‘Sikh’. Kalau sobat Duta Damai pernah menemukan seorang laki-laki yang selalu menggunakan turban, bisa jadi penganut ‘Sikh’. Sebab ajaran ini identik dengan penggunaan turban bagi laki-laki.

Pedoman kitab suci penganut agama Sikhism adalah “Guru Granth Sahib” yang ditulis dalam naskah Gurmukhi.

7. Judaism

Lantas, ada di urutan keberapa agama Yahudi? Agama Yahudi menduduki urutan ketujuh. Sebutan lain dari Yahudi yaitu Judaism. Menurut beberapa sumber Yahudi didirikan oleh oleh Abraham, Yakub dan Issac pada tahun 1300 M.

Mengutip dari Wartaekonomi mayoritas penganut Yahudi berasal dari Israel yang kemudian diikuti oleh Amerika Serikat.

Banyaknya agama yang ada di dunia merupakan wujud keberagaman atas warna-warni kehidupan. Tidak saling menyalahkan, saling memahami, dan melaksanakan ajaran pribadi masing-masing dengan khidmat bisa menciptakan keseimbangan dan kerukunan dalam beragama.

Nova Putri Diana

Sumber:

Amiruddin Z Nur, Pengalaman Ajaran Agama Islam dalam Kehidupan Bermasyarakat, Jurnal Al-Mau’izah Vol.1 No 1, 2018

https://katadata.co.id/intan/berita/6155b93172150/urutan-agama-terbesar-di-dunia-dengan-pemeluk-terbanyak
https://p2k.unkris.ac.id/id3/2-3073-2962/Kepercayaan-Tradisional-Cina_23879_p2k-unkris.html
https://tirto.id/apa-itu-agama-menurut-para-ahli-sejarah-macam-perkembangan-gaHK

https://www.popbela.com/career/inspiration/natasha-cecilia-anandita/agama-terbesar-di-dunia/8  https://www.wartaekonomi.co.id/read155055/yuk-tengok-10-agama-terbesar-di-dunia

Join The Discussion