Opini

Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman Hias

Cangkang telur merupakan salah satu sampah/limbah rumah tangga yang mudah ditemukan sehari-hari. Bahkan diketahui produksi cangkang telur ayam pertahun mencapai 150.000 ton (Sitohang dkk., 2016). Padahal, banyak manfaat yang bisa kita pakai menggunakan cangkang telur ini. Salah satunya yaitu sebagai pupuk alami.

Dalam penelitian berjudul Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur Sebagai Pupuk Organik Tanaman Sayur, tercatat bahwa kandungan kalsium pada cangkang telur memiliki kandungan yang cukup besar dan dapat dimanfaatkan sebagai nutrisi bagi tanaman.

Menurut Journal Agricultural and Food Chemistry bahwa dalam cangkang telur terkandung 98,2% kalsium karbonat, 0,9% magnesium, dan 0,9% fosfor. Sementara itu membran cangkang terdiri dari 69,2% protein, 2,7% lemak, 1,5% air, dan 27,2% abu.

Unsur kalsium pada tanaman merupakan unsur hara makro selain N, P, dan K. Salah satu fungsi unsur ini adalah mendorong pembentukan dan pertumbuhan akar lebih dini, memperbaiki ketegaran tanaman, mengurangi kemasaman atau menaikkan pH tanah. Dengan demikian, cangkang telur merupakan salah satu limbah potensial untuk dijadikan pupuk organik.

1. Pupuk

Cangkang telur memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan tanaman. Kalsium berperan pada pertumbuhan sel, jika kekurangan kalsium menyebabkan produksi bunga terhambat atau bisa mengakibatkan bunga mudah layu dan gugur.

Pertumbuhan daun dan batang juga terhambat sehingga tanaman menjadi kerdil. Bahkan dalam satu kasus bisa mengakibatkan gagal panen. Cangkang telur yang digunakan sebagai pupuk harus dihaluskan, dan diaplikasikan pada media tanam

2. Menurunkan Tingkat Kemasaman Tanah

Tanah dengan pH yang asam dapat memengaruhi ketersediaan unsur hara dalam tanah dan juga mengganggu aktivitas mikroorganisme dalam tanah. Penambahan cangkang telur yang mengandung kalsium tinggi dapat meningkatkan pH tanah pada media tanam kamu loh !

3. Mengendalikan Hama Tanaman

Siput merupakan salah satu hama yang sering ditemukan pada tanaman. Tepi cangkang kulit telur yang sudah dihancurkan menjadi serpihan kasar diatas media tanam, dapat menjadi penghalang bagi siput dan hama lain, sehingga tidak dapat dengan mudah mencapai tanaman dan merusaknya.

4. Memperbaiki Kelonggaran Tanah

Campuran tanah dengan remah-remah cangkang telur sebagai media tanam dapat membantu melonggarkan tanah dan mencegah pembentukan kerak keras di atas permukaan tanah. Tanah yang padat akan menyulitkan pergerakan akar dan pernapasan pada tanaman.

Cangkang telur dapat meningkatkan aerasi pada akar, sehingga air dapat diserap maksimal dan merata ke dalam tanah, sehingga air dapat merembes ke dalam dan tidak mengakibatkan genangan air saat proses penyiraman atau hujan.

5. Dekorasi Tanaman

Bagi kamu yang memiliki daya kreativitas tinggi, cangkang telur ini dapat dihiasi dan dijadikan sebagai wadah media semai. Cangkang telur memungkinkan dapat menyediakan unsur hara yang dibutuhkan proses perkecambahan dan juga proses pertumbuhan tanaman.

Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cangkang Telur Terhadap Tanaman Sayuran

Pemberian pupuk organik cangkang telur pada tanaman sayur bertujuan untuk meningkatkan kadar kalsium yang terkandung di dalamnya. Menurut hasil penelitian Nurjanah (2017) pupuk cangkang telur dapat memenuhi ketersediaan unsur fosfor dan unsur kalsium dalam tanah.

Pupuk cangkang telur mempunyai sifat yang larut dalam air dan mudah terurai dalam tanah sehingga pupuk cangkang telur dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Pupuk organik dari cangkang telur dapat memperbaiki sifat kimia tanah juga dapat memperbaiki sifat biologi tanah karena dapat meningkatkan unsur hara tanah dan meningkatkan efisiensi pengambilan unsur hara, sumber energi bagi jasad renik/mikroba tanah yang mampu melepaskan hara bagi tanaman.

dimasnurhadii

Join The Discussion