Opini

Spesialnya Ibu di Berbagai Penjuru Dunia pada Peringatan Hari Ibu

Ibu adalah sosok yang selalu dihormati di belahan dunia manapun seorang ibu berada. Siapapun dan bagaimanapun pekerjaannya, kasih sayang serta ketulusan hati ibu tiada tandingannya. Di Indonesia, terdapat satu hari spesial yang khusus dirayakan bagi ibu, Peringatan Hari Ibu atau PHI yang diperingati setiap tanggal 22 Desember.

Peringatan ini lahir dari Kongres Perempuan III pada tahun 1938, sebagai bentuk mengenang kongres tersebut, maka dicetuskanlah peringatan hari ibu pada tahun 1953 oleh Presiden Soekarno. Tujuan dari kongres tersebut ialah untuk memperjuangkan kemerdekaan dan memperbaiki hak setiap perempuan Indonesia.

Meski telah kita ketahui bersama, bahwa peringatan hari ibu jatuh pada tanggal 22 Desember. Namun, rasa hormat serta memberikan perhatian khusus pada ibu, tidak harus pada tanggal tersebut. Ibu adalah sosok orang spesial kita setiap hari.

Sebagai bentuk dari peringatan hari ibu, setiap orang di Indonesia memiliki caranya masing-masing. Kebanyakan masyarakat memeriahkannya dengan mengadakan lomba atau festival yang penuh sukacita. Di sekolah, kantor dan lingkungan rumah akan dipenuhi oleh gelak tawa bahagia setiap anak, ibu dan juga anggota keluarga lainnya.

Tidak hanya ada di indonesia saja, perayaan yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan pada ibu juga ada di negara lain. Perayaan tersebut juga menjadi salah satu tradisi unik bagi negara penyelenggara. Yuk simak negara mana yang memiliki perayaan unik dalam memperingati hari ibu!

1. Jepang

Peringatan hari ibu di Jepang awalnya dirayakan bertepatan dengan ulang tahun Permaisuri Koujin. Permaisuri Koujin sendiri telah menjabat selama hampir sepanjang abad ke-20. Namun, peringatan hari ibu dipindah ke hari Minggu kedua pada bulan Mei. Jadi, setiap tahunnya hari ibu di Jepang selalu pada tanggal yang berbeda.

Perayaannya sendiri, masyarakat biasanya akan memberikan hadiah khusus untuk ibu mereka. Cara tradisional ialah memberikan bunga anyelir yang merupakan simbol dari kemurnian dan rasa manis. Modern ini, akan ada berbagai macam hadiah pilihan untuk setiap ibu yang ada di Jepang.

2. Perancis

Hari ibu di negara Perancis selalu dirayakan setiap tanggal 26 Mei. Semula, ini bukanlah suatu peringatan khusus dan menjadi agenda nasional masyarakat Perancis. Pada awalnya hari tersebut merupakan hari yang dimanfaatkan orang-orang untuk menghormati istri yang ditinggal gugur suaminya dalam Perang Dunia I.

Menjadikan sosok perempuan pada masa ibu sebagai seseorang yang sangat spesial hingga dapat melupakan sejenak rasa duka yang tertinggal. Saat ini, perayaan hari ibu di Perancis akan menjadi hari setiap anak memberikan hadiah dan kue berbentuk bunga kepada ibu mereka.

3. Inggris

Hari ibu di Inggris dikenal dengan istilah Mothering Sunday yang selalu dirayakan pada Minggu ketiga atau pada pekan sebelum memasuki Paskah. Peringatan ini biasanya jatuh pada pertengahan Maret. Pada momen ini, setiap keluarga akan berkumpul terlebih lagi menjadi hari khusus bagi setiap anak dan juga ibu. Biasanya, akan ada banyak perantauan yang pulang ke rumah untuk merayakan hari spesial ini.

Selain itu, Hari ibu di inggris juga dirayakan dengan memberikan bunga, kartu ucapan atau hadiah spesial lainnya. Hal ini tidak hanya dilakukan kepada ibu saja, melainkan kepada nenek, ibu tiri serta ibu mertua. Wahhh betapa spesialnya para ibu di Inggris pada tanggal ini.

4. Thailand

Peringatan hari ibu di Thailan selalu dirayakan setiap tanggal 12 Agustus. Tanggal ini juga bertepatan dengan hari ulang tahun Ratu thailand, Ratu Sirikit. Ratu Sirikit adalah permaisuri almarhum Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej yang wafat pada 2016 lalu.

Menjadi sebuah perayaan nasional bagi negara Thailand, peringatan hari ibu merupakan hari libur nasional. Biasanya masyarakat akan merayakannya dengan menyalakan lilin dan kembang api. Anak-anak juga akan bersedekah kepada para biksu dan memberikan bunga melati pada ibu mereka. Bunga melati memiliki makna dari cinta ibu.

5. Meksiko

Setiap tanggal 10 Mei, masyarakat Meksiko melaksanakan perayaan hari ibu dengan meriah. Banyak masyarakat akan mengundang penyanyi atau grup band ke rumah mereka dan menjadi hiburan bagi keluarga serta kerabat dan tetangga.

Pada acara tersebut, para ibu di Meksiko akan meminta untuk dinyanyikan lagu kesukaan mereka, kemudian memakan makanan yang mereka sukai. Selain nyanyian dan makanan, bunga wajib menjadi hadiah penting dan diberikan kepada ibu di negara tersebut.

Nah, itulah beberapa perayaan unik peringatan hari ibu di beberapa negara. Yang jelas, hari ibu merupakan hari yang sangat spesial bagi seluruh ibu di dunia. Tidak akan ada satu tindakan maupun kata-kata yang dapat menggambarkan rasa cinta serta hormat kita kepada sosok ibu.

Hari ibu akan menjadi hari pengingat betapa pentingnya menjadi seorang ibu dan bagaimana peran seorang ibu dalam keluarga masyarakat.

Selamat Hari Ibu

A Sofyan NA

Referensi  : Berbagai Sumber

Join The Discussion