Opini

Pembelajaran yang Efektif saat Sekolah Dari Rumah

Masa pandemi Covid-19 belum berakhir, berbagai kebijakan serta penerapan protokol kesehatan masih harus kita lakukan nih guys. Hal ini bukan semata-mata untuk mengurangi jumlah penyebaran virus saja, tetapi membantu kita untuk tetap beraktivitas normal dengan kebiasaan baru.

Salah satunya kebiasaan baru pada sistem Pendidikan, aturan yang diterapkan oleh pemerintah pada dunia pendidikan saat ini ialah pembelajaran di rumah atau School From Home (SFH). Biasanya kan kita punya gaya masing-masing nih saat belajar di sekolah, nah kali ini pembelajaran kita lakukan di rumah.

Yup, di rumah aja, sebagian besar kegiatan belajar-mengajar dilakukan secara daring atau berbasis internet. Sebulan lebih sudah kita memasuki semester baru, pastinya udah terasa kan perbedaan cara belajar yang sekarang dan pembelajaran di sekolah dulu.
Masih pusing dengan cara belajar online? Atau udah menyerah dengan pembelajaran sekarang? Nahh Kalau gitu, yuk kita cari tahu cara belajar efektif selama SFH!

  1. Ruangan Belajar yang Nyaman
    Ruangan untuk belajar menjadi salah satu aspek penting agar pembelajaran dapat berjalan lebih efektif guys. Untuk itu, sebaiknya kita memilih tempat yang nyaman dan juga tidak berisik sehingga belajar dapat berlangsung lebih ekeftif karena minim gangguan.
  2. Beraktivitas Layaknya Sekolah Offline
    Belajarnya memang online sih, tapi jangan malah beraktivitas seperti biasa. Bangun pagi, mandi dan sarapan. Kemudian siapkan buku sesuai dengan jadwal pelajaran sekolah. Pastikan juga internet kamu aman guys, jangan sampai kuota habis duluan saat baru mulai masuk kelas onlinenya. Terus, jangan lupa catat semua materi yang diberikan.
  3. Jangan Terlalu Lama di Depan Gadget
    Ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak pernah memberikan manfaat yang baik bagi kita. Penggunaan ponsel dan laptop yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan loh bagi tubuh kita. Oleh karena itu, fokuslah pada pembelajaran saja dan usai sekolah online selesai istirahatkan diri kamu.
  4. Jalin Komunikasi dengan Orang di Rumah
    Biar anggota keluarga yang lain tahu kamu sedang belajar, kamu harus tetap berkomunikasi pada mereka. Sampaikan jam dan jadwal pembelajaranmu pada orang di rumah, hal ini akan berguna untuk menghindari gangguan yang tidak diinginkan. Selain itu komunikasi juga membantu kita me-refresh pikiran dari tugas-tugas sekolah. Ehehe
  5. Gaya Belajarmu Sendiri
    Nah, satu hal yang penting ialah rasa nyaman saat belajar. Kenyamanan ini bukanlah sesuatu yang dapat kamu peroleh secara instan, di setiap pembelajaran pastinya memerlukan gaya belajar yang berbeda. Tapi kalau kamu sudah menemukan gayamu sendiri, pasti semuanya akan terasa mudah dan belajarmu akan jadi lebih nyaman.
  6. Fokus
    Kalau kamu adalah orang yang konsentrasinya mudah terganggu atau suka menunda-nunda kegiatan dengan melakukan kegiatan lain seperti menonton televisi atau bermain game. Sekarang bukan saatnya seperti itu lagi, kamu harus bisa mematikan sendiri seluruh perangkat elektronik kamu demi belajar dengan sungguh-sungguh. Kamu bisa kok pergi ke perpustakaan atau cukup berada di ruangan belajar yang nyaman aja, biar kamu bisa fokus.
    Itu dia kawan-kawan, langkah-langkah dan saran yang dapat kita terapkan agar pembelajaran di rumah atau SFH menjadi efektif. Mudah kan? Hal yang paling penting untuk kita lakukan adalah disiplin serta mandiri selama belajar di rumah. Selamat mencoba dan tetaplah semangat belajarnya! *fyn

Join The Discussion