Opini

Menu Berbuka Khas Sulawesi Selatan

Halo Sobat Damai, wah tanpa terasa kita sedang berada di penghujung Ramadhan. Sebelum Ramadhan ini berkahir yuk kita berkenalan dengan menu buka puasa yang ada di Sulawesi Selatan. Penasaran kan? Apalagi Sulawesi Selatan memang dikenal sebagai surganya kuliner. Apa saja ya, yang biasa dihidangkan saat berbuka? Pasti rasanya sangat enak dan manis-manis ya? Ahhh masa sih? apa iyya tidak ada yang asin? seperti coto Makassar atau Konro yang enak sekali ituloh. Apalagi coto yang ada di jalan Nusantara, ahhh…. Fokus yukkkss pada menu berbuka, kan berbukalah dengan yang manis, jadi tenang saja pasti manis kok menunya. Tapi, ada yang lebih manis kok, senyum kamu, iyya Kamu. Kamu yang sedang membaca tulisan ini.

  • Pallu Butung
indozone.id

Pertama kita pasti tidak asing lagi dengan menu yang satu ini. Pallu Butung. Pallu butung cukup digermari dan selalu dicari saat momen-momen Ramadhan seperti hari ini. Pallu Butung terbuat dari potongan pisang yang dipadukan dengan ‘bubur’ putih yang terbuat dari tepung beras dan dicampurkan dengan santan segar, pandan serta gula gula. Pallu butung paling enak disajikan dengan campuran es yang pasti membuatnya semakin nikmat. Tapi, tenang saja dihidangkan saat hangat juga enak, ada sensasi-sensasi yang enak juga loh. 

  • Pisang Ijo
Nusa Daily

Kedua, masih menu dari olahan pisang yang sudah sangat popular, yaitu pisang ijo. Pisang Ijo atau es pisang ijo terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Cara memasaknya dengan mengukus pisang yang telah dibalut tepung, di dandang lalu setelah itu diberi ‘kuah bubur’ atau bubur sumsum. Bagaimana tidak enak, kalo orang Makassar bilangnya, Nyamannnnaaaa…..!!!!

  • Jalangkote
Tribunnews

Ketiga ini, tenang bukan lagi dari pisang kok guyysss, tapi ini adalah Jalangkote. Jalangkote merupakan makanan ringan yang bentuknya serupa dengan kue pastel. Tapi, pastel kulitnya tebal dan disajikan bersama cabe rawit. Sedangkan, jalangkote dimakan bersama sambal cair biasanya campuran cuka dan cabe, ataupun cabe biasa yang diolah bersama bawang putih dan dibuat menjadi cair. Jalangkote sangat cocok buat kalian yang tidak suka makanan manis. Yayaaaa… kamu kan sudah manis, jadi kalo komsusmsi yang manis-manis lagi nanti kamu diabetes J eeehhh… Canda kali J J (Semoga tulisan ini kagak diedit, sebelum terbit)

  • Pisang Epe
Fimela.com

Ehhh… pisang lagi, di Sulawesi Selatan memang banyak ditemukan pisang. Jadi, Sobat Damai harap maklum jika menu khasnya terbuat dari Pisang. Pisang Epe biasanya terbuat dari pisang kepok atau pisang raja yang dijepit, kemudian dipipihkan dan dibakar, lalu diolesi dengan manisnya gula aren. Nah kalo jaman sekarang sudah tersedia beberapa toping guys, ada durian, keju, cokelat dan lain sebagainya. Ini juga cocok buat kamu yang tidak terlalu suka dengan yang manis-manis.

  • Sanggara’ Balanda
hesti’s kitchen

Pisang goreng itu sudah biasa, tapi jika kamu cari yang luar biasa dan dijamin segar, ayo kita berkenalan dengan Sanggara Balanda. Apakah ini pisang yang diimpor langsung dari Negeri Kincir Angin? Konon katanya, Sanggara Balanda dulunya dibuat pada zaman penjajahan Belanda di Sulawesi Selatan. Sanggara Balanda ini dibuat pakai keju dan mentega yang dibawa oleh orang Belanda, makanya dinamai Sanggara Balanda. Sanggara Balanda dibuat menggunakan pisang raja, yang digoreng. Setelah digoreng, kemudian dibelah tengahnya dan diberi kacang tanah yang terlebih dahulu dihaluskan, serta disajikan dengan kuah gula. Rasanya nikmat sekali, Massapoda Guysss… sangat cocok untuk berbuka.

  • Dadara’

Dadara’ atau dadar gulung menu ini pasti sangat gampang ditemukan dimana saja. Tepung terigu yang dijadikan kulit lalu diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa/gula merah yang dicampurkan dengan kelapa parut,  atau bisa juga dengan kacang tanah. Kulit dadara’ biasanya berwarna hijau karena diberi pewarna daun suji.

  • Roko’-roko Unti
Lis Achmady

Kue yang lagi-lagi terbuat dari pisang ini, mungkin tidak sepopuler Pallu Butung untuk dijadikan menu berbuka. Tapi, tetap rekomended. Roko-roko unti, dibuatmenggunakan bahan utama berupa pisang. Roko-roko unti dibungkus dengan daun pisang yang berisi pisang yang dilapisi dengan adonan dari tepung beras.

  • Barangko
Telisik.id

Barongko kue yang cukup popular dan cukup mudah ditemukan. Kue ini terbuat dari campuran pisang raja atau pisang kapok, kalo jaman sekrang di-blender atau dihaluskan, bersama telur, santan, gula pasir dan garam. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Disajikan dalam keadaan dingin atau setelah disimpan di kulkas, membuatnya lebih enak. Namun ada juga yang suka menyantapnya selagi masih hangat, ya sehangat cintaku padamu ♡♡♡♥♥♥

  • Sikaporo’
Bintangasik.com

Sikaporo adalah kua tradisional khas Bugis-Makassar yang jaman dulunya diperuntukkan untuk para bangsawan. Sikaporo terbuat dari tepung beras, santan, dan telur. Kue ini berwarna kuning-hijau memiliki rasa yang manis, sangat cocok untuk menemani kamu berbuka.

  • Buroncong
Merah Putih

Buroncong, kue yang gurih, berbentuk seperti busur atau setengah lingkaran. Mirip pukis, tapi bukan pukis, buroncong lebih langsing. Buroncong, terbuat dari tepung terigu, gula pasir, parutan kelapa, dan penambah aroma rasa. Setelah itu dimasukkan didalm cetakan dan dipanggang dengan api berasal dari kayu bakar.

Bagaimana Sobat Damai, sore ini kamu mau berbuka dengan menu yang mana. Silahkan pilih mana suka. Tapi, jangan lupa berbuka dengan yang pasti, karena yang manis belum tentu pasti♥♥♥ Aaahhhhaiiiiii….

Selamat berpuasa ^_~

Join The Discussion