free page hit counter
Berita

Inaugurasi, 8 Negara Siap Tangkal Radikalisme


SouthEast Asia Youth Ambassador for Peace resmi dikukuhkan pada 24 April 2019.  Mewakili 8 negara di Asia Tenggara, 8 anak muda hadir secara simbolis menerima piagam penghargaan South East Asia Youth Ambassador for Peace pada inaugurasi hari itu. Negara tersebut diantaranya adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Kamboja, Laos, Singapura, Brunei Darussalam, dan Vietnam. Kegiatan Inaugurasi dilaksanakan di Allianz Ecovention Ancol. Upacara pengukuhan ini juga dihadiri oleh jajaran Kementerian Informasi dan Komunikasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan juga dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Jend TNI (Purn) Wiranto. Selain itu dalam kegiatan Inaugurasi ini juga dihadiri oleh Duta Besar dari berbagai negara.


Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Wiranto, S.H. menyampaikan sambutan.

Rosarita Niken Widiastuti dalam sambutannya menyatakan setiap 1 menit di dunia maya tersebar 10 juta lebih informasi. Oleh karena itu sebagai penggiat dunia maya kita perlu lebih bijak dalam menyaring informasi yang diterima. Kehadiran duta damai dunia maya ini bisa membantu mengimbangi ketimpangan informasi di dunia maya. Sebagai penutup, Sekjen Kemkominfo ini menyampaikan harapannya kepada duta damai dunia maya untuk terus meningkatkan semangatnya dalam mengawal penyebaran informasi di dunia maya khususnya mengenai radikalisme dan terorisme.

Kegiatan inagurasi diisi pula dengan presentasi konten damai oleh perwakilan dari setiap negara kawasan Asia Tenggara. Konten yang dipresentasikan berupa tulisan, desain poster dan video, serta website. Konten yang ditampilkan merupakan hasil kolaborasi yang dilakukan oleh anggota tim tiap negara. Sebelumnya, mereka diberikan waktu selama kurang lebih 24 jam untuk berkolaborasi dalam menyusun konten untuk website. Selain itu, mereka juga telah dibekali informasi mengenai  Pemahaman Bahaya Terorisme dan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan serta materi mengenai bagaimana Mengembangkan Kontra-Narasi yang Efektif.

Presentasi Konten Damai oleh Delegasi Negara Laos

Sejalan dengan itu, dilokasi yang sama juga terlaksana pameran budaya dan karya yang dilakukan oleh perwakilan Duta Damai Dunia Maya dari 13 regional. Setiap regional mewakili beberapa provinsi di Indonesia, diantaranya adalah, Sumatera Utara, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara. Karya yang dipamerkan merupakan hasil kolaborasi tim setiap regional selama setahun terakhir. Pameran ini juga sebagai bentuk penghargaan atas krativitas dan kerja keras para duta damai dunia maya dalam upaya menangkal radikalisme dan terorisme di dunia maya.

Delegasi Duta Damai Dunia Maya Regional Sulawesi Selatan dalam Pameran Budaya dan Karya
Memberi Penjelasan Mengenai Teknik Pembuatan Makanan Khas Sulawesi Selatan kepada Pengunjung

Kegiatan Inaugurasi diakhiri dengan deklarasi damai yang dibacakan oleh perwakilan tiap negara. Deklarasi damai ini menjadi tolok ukur bagi duta damai untuk terus menghasilkan konten bermanfaat dalam upaya mencegah narasi dan tindak terorisme radikalisme di dunia maya. (NMH)

Join The Discussion